153.476 Orang di Surabaya Alami Obesitas

Yuk diatur pola makannya

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 153.476 orang di Kota Surabaya alami obesitas. Jumlah tersebut berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes)Kota Surabaya per Juli 2023. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, faktor risiko obesitas dengan indeks masa tubuh lebih dari 25. Kelompok usia rentan terjadi pada usia 18 tahun ke atas. 

Selama ini, Dinkes Surabaya melalui puskemas telah rutin melakukan pemeriksaan kepada masyarakat yang menderita obesitas. 

"Kami rutin melakukan pemeriksaan terpadu jiwa, rokok dan narkoba, pada kegiatan pertemuan rutin lainnya di masyarakat yang terintegrasi dengan kegiatan RT/RW, Kelurahan dan lainnya," ungkap dia. 

Untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah warga obesitas, Dinkes Surabaya telah melakukan sosialisasi tentang faktor risiko dan baha obesitas bagi kesehatan melalui penyuluhan masyarakat, media sosial dan elektronik. 

"Kami telah memberikan edukasi makanan seimbang dan menghindari makanan berpemanis dalam kemasan," ujar dia. 

Ia pun mengimbau dan mengarahkan masyarakat untuk melakukan cek kesehatan secara rutin di pusk dan layanan Bindu di masing-masing wilayah. 

Seperti diketahui, BPBD Kota Surabaya telah mengevakuasi S (51) pria obesitas dengan berat 135 kilogram pada Selasa (1/8/2023). S dievakuasi karena tak sadarkan diri dan kemudian dilarikan ke RSUD Dr Soetomo. 

Baca Juga: Pria Obesitas di Surabaya Jalani Operasi di RSUD dr. Soetomo

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya