Jelang Lebaran, Pemkot Malang Gelar Pasar Murah 

Tekan harga kebutuhan jelang lebaran

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar pasar murah di area parkir Stadion Gajayana, Kota Malang, Senin (27/5). Pasar murah tersebut melayani segala kebutuhan masyarakat. Selain bahan pokok, pasar murah tersebut juga digunakan oleh pemilik produk UMKM untuk menjajakan karya mereka. 

1. Tekan harga kebutuhan jelang lebaran

Jelang Lebaran, Pemkot Malang Gelar Pasar Murah IDN Times/ Alfi Ramadana

Salah satu tujuan dari operasi pasar tersebut adalah untuk menekan harga kebutuhan pokok. Sebab, menjelang lebaran biasanya terjadi lonjakan harga. Hal itu, kerap dikeluhkan oleh masyarakat. Belum lagi permainan oknum pedagang nakal yang kerap memanfaatkan situasi untuk mengambil keuntungan sendiri. 

"Pasar murah ini memang untuk membantu masyarakat agar tetap bisa berbelanja dengan harga yang sesuai. Sebab, kecenderunganya jika mendekati lebaran, harga kebutuhan pokok memang selalu naik," ucap Wali Kota Malang, Sutiaji, Senin (27/5/2019). 

2. Berikan subsidi untuk masyarakat

Jelang Lebaran, Pemkot Malang Gelar Pasar Murah IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain itu, Pemkot Malang juga memberikan subsidi pada pasar murah kali ini. Subsidi tersebut diharapkan bisa membuat masyarakat mendapatkan kebutuhannya dengan harga yang sesuai. Terutama untuk kebutuhan pokok. Untuk pasar murah sendiri dibuka selama dua hari yakni Senin (27/5) hingga Selasa (28/5). Tak ayal, pasar murah langsung diserbu oleh masyarakat. 

"Beberapa komoditi memang mendapat subsidi. Semisal tasi ada satu kebutuhan yang bisa didapat masyarakat dengan harga hanya Rp50 ribu. Kalau di pasar normal harganya bisa mencapai Rp85 atau Rp90 ribu," tambahnya. 

3. Atasi spekulan di lapangan

Jelang Lebaran, Pemkot Malang Gelar Pasar Murah IDN Times/ Alfi Ramadana

Pasar murah tersebut juga dinilai efektif untuk mengatasi spekulan. Sebab,dengan kondisi permintaan yang meningkat maka rawan dimanfaatkan oleh spekulan untuk mengambil keuntungan lebih. Untuk itu, pasar murah ini bisa menjadi penyeimbang bagi masyarakat. 

"Biasanya kalau mendekati lebaran seperti ini memang kerap dimanfaatkan oleh pihak-pihak spekulan untuk menaikkan harga. Maka dari itu, keberadaan pasar murah ini bagus untuk mengurangi hal itu," imbuhnya. 

4. Upaya membantu masyarakat

Jelang Lebaran, Pemkot Malang Gelar Pasar Murah IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, Kepala Bagian Pengembangan Perekonomian Pemkot Malang, Rinawati mengatakan bahwa pasar murah ini merupakan upaya untuk membantu masyarakat. Terutama untuk mendapatkan kebutuhan dengan harga terjangkau. Sehingga mereka tak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memenuhi kebutuhan jelang lebaran. 

"Kami berharap pelayanan ini bisa membuat masyarakat terbantu. Sehingga mereka bisa mendapatkan kebutuhan untuk lebaran dengan harga terjangkau," tandasnya. 

Baca Juga: Polemik PPDB, Pemkot Malang Ajukan Penerimaan Sistem Online 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya