Baru Keluar dari Penjara, Pria Ini Sudah Curi 11 Motor dalam 2 Bulan

Gak ada kapok-kapoknya ya pak!

Malang, IDN Times - Muhammad Iksan (35) seorang residivis curanmor kembali ditangkap setelah ketahuan mencuri motor di Jalan Tanimbar Kota Malang, 28 Oktober 2020 lalu. Padahal Iksan baru keluar penjara Juni lalu. Edannya lagi, dia sudah mencuri 11 sepeda motor hanya dalam waktu 2 bulan.

1. Berusaha curi motor di depan rumah warga

Baru Keluar dari Penjara, Pria Ini Sudah Curi 11 Motor dalam 2 BulanPolisi menunjukkan kunci T yang digunakan tersangka MI untuk memcuri motor. IDN Times/Alfi Ramadana

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata menjelaskan, pelau mencuri motor Suzuki Shogun di depan salah satu rumah warga. Saat itu kondisinya memang agak sepi. Kebetulan kunci motor dan helm masih tertinggal di motor. 

"Pelaku kemudian memakai helmnya dan menuntun motor menuju jalan raya," papar Leo di Mapolresta Malang Kota, Selasa (3/11/2020).

2. Sempat buang kunci T

Baru Keluar dari Penjara, Pria Ini Sudah Curi 11 Motor dalam 2 BulanKapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata menunjukkan barang bukti curanmor. IDN Times/Alfi Ramadana

Setelah motor berada di jalan raya, pelaku mencoba menghidupkan mesin dengan kunci T. Namun, belum sempat berhasil menghidupkan mesin, pelaku keburu kebergok warga dan langsung diteriaki maling. Iksan lalu kabur ke arah Jalan Puteran. Untuk menghilangkan jejak, dia melepas jaket dan membuang kunci T.

"Pelaku akhirnya tertangkap di Jalan Nusakambangan," tambah Leo.

Baca Juga: Dua Anaknya Curi Motor, Pria di Tulungagung Dianiaya Hingga Tewas

3. Baru keluar penjara bulan juni

Baru Keluar dari Penjara, Pria Ini Sudah Curi 11 Motor dalam 2 BulanPolisi menunjukkan kunci T yang digunakan tersangka MI untuk memcuri motor. IDN Times/Alfi Ramadana

Kepada polisi, Iksan mengaku baru keluar penjara pada Juni lalu. Total, dia sudah pernah dipenjara sebanyak empat kali. Tapi dasar otak kriminal, Iksan tak kapok-kapok.

"Pelaku ini baru keluar penjara pada bulan Juni lalu," beber Leo.

4. Curi 11 motor dalam 2 bulan

Baru Keluar dari Penjara, Pria Ini Sudah Curi 11 Motor dalam 2 BulanKepolisian menunjukkan barang bukti kunci T untuk merusak kontak motor. IDN Times/Alfi Ramadana

MI juga mengaku, setelah keluar penjara, dia baru beraksi lagi pada September. Selama dua bulan beraksi, dia sudah menggasak 11 motor. Rinciannya 7 motor pada September dan 4 motor pada Oktober.

"Dia ini residivis sebanyak empat kali dengan kasus yang sama," sambung mantan Wakapolrestabes Surabaya tersebut.

Baca Juga: Apes Usai Curi Motor Emak-emak, Maling di Lamongan Kepergok Warga

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya