Ibu Bunuh Anak di Jember Sering Alami Kesurupan

Pelaku masih menjalani perawatan karena mencoba bunuh diri

Jember, IDN Times - Seorang ibu kandung pelaku pembunuhan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, MA (46), disebut kerap alami kondisi kesurupan. Menurut keterangan Kartono, Kepala Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, indikasi gangguan mental MA sudah terjadi sejak tahun lalu.

1. Jika kambuh, MA hanya diam dan ngomong sendiri

Ibu Bunuh Anak di Jember Sering Alami KesurupanIlustrasi kasus pembunuhan. (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Sejak sering mengalami kondisi gangguan mental tersebut, MA kerap menjalani berbagai macam pengobatan. Beberapa bulan belakangan ini, kondisi MA dikatakan sedikit membaik dari sebelumnya.

Kondisi gangguan yang dimaksudkan, menurut Kartono, bukan seperti kondisi kesurupan pada umumnya. MA tidak pernah marah-marah atau kehilangan emosi. Namun, lebih ke kondisi diam dan sering berbicara sendiri.

"Padahal tidak ada tanda-tanda itu kambuh dan tidak pernah marah. Cuman diem gitu," katanya.

Baca Juga: Miris! Siswa TK di Jember Tewas di Tangan Ibu Kandung

2. Tidak ada tanda kambuh saat malam pembunuhan

Ibu Bunuh Anak di Jember Sering Alami KesurupanIlustrasi garis polisi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Terkait kasus MA yang menggorok leher anaknya sendiri, Kartono mengaku kaget. Ini karena, korban yang masih berusia 6 tahun merupakan anak kesayangan di keluarganya.

"Dia punya tiga anak. Korban adalah anak terakhir, sementara anak lainnya sudah menikah. Yang jelas kaget mendengar kabar itu," kata Kartono, Jumat (9/6/2023).

Menurut cerita warga yang diterima Kartono, pada malam pembunuhan tersebut, MA masih terlihat baik-baik saja bersama korban. Tidak ada gejala kondisi kesurupan terjadi.

3. MA sedang dalam perawatan di RS

Ibu Bunuh Anak di Jember Sering Alami KesurupanIlustrasi perawatan intensif di rumah sakit. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Sementara dari Kapolsek Silo, AKP M Na'i, mengatakan jika polisi sudah melakukan olah TKP dan mengumpulkan keterangan dari saksi mata.

Dia menyebut, setelah menghabisi nyawa anaknya, MA mencoba untuk bunuh diri dengan menggorok lehernya sendiri menggunakan pisau yang sama.

Namun, percobaan bunuh diri MA masih bisa dicegah dengan pertolongan cepat dari keluarga dan tetangga korban. Warga selanjutnya membawa ke rumah sakit untuk perawatan.

"Warga bersama keluarga membawa Maimunah ke rumah sakit. Pisau yang digunakan untuk kegiatan (menggorok) itu, sudah diamankan," kata Na'i, Jumat (9/6/2023).

Na'i menjelaskan, peristiwa miris tersebut terjadi dini hari ini sekitar pukul 02:00 WIB. MA melakukan aksi tersebut di dalam kamar yang terkunci. Di mana saat itu, si anak yang berusia 6 tahun masih tertidur pulas.

Baca Juga: Usai Bunuh Anak, Ibu di Jember Coba Akhiri Hidup

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya