Comscore Tracker

Kebakaran Gunung Ranti Banyuwangi, Empat Pendaki Terjebak 

SAR Banyuwangi sedang melakukan proses evakuasi

Banyuwangi, IDNTimes - Kawasan hutan Gunung Ranti yang berada di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi terbakar, Sabtu malam (19/10). Empat orang pendaki dilaporkan masih terjebak di dalam hutan.

Koordinator Pos Siaga SAR Banyuwangi Risky Putra Buana mengatakan, berdasar informasi yang diterima, kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Selang empat jam kemudian, mereka menerima laporan bahwa masih ada empat orang pendaki yang masih belum bisa turun karena terkepung kebakaran.

1. Empat orang terjebak merupakan WNI

Kebakaran Gunung Ranti Banyuwangi, Empat Pendaki Terjebak IDN Times/Istimewa

Empat orang yang mendaki itu diketahui merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Setelah menerima infromasi adanya pendaki yang masih terjebak, tim SAR segera bergerak untuk melakukan proses evakuasi.

"Info yang kami terima ada 4 orang. 4 orang pendaki semalam itu kondisinya masih aman. Mereka beristirahat karena capek. Pagi ini (Minggu) sudah komunikasi, melanjutkan untuk jalannya evakuasi," kata Risky saat dihubungi IDN Times via telepon, Minggu (20/10)

2. Bisa berkomunikasi dengan pendaki

Kebakaran Gunung Ranti Banyuwangi, Empat Pendaki Terjebak Sumber Gambar: chooseyourmetaphor.com

Risky melanjutkan, sejak semalam tim SAR bersama BPBD Banyuwangi dan relawan berupaya berkomunikasi menggunakan senter untuk mengarahkan posisi aman.

Kebakaran yang cukup besar juga disertai dengan angin yang kencang. Komunikasi dengan petunjuk senter dilakukan karena para pendaki yang terjebak berusaha menghemat baterai ponselnya.

"Diarahkan oleh teman-teman dari posko yang di bawah dengan senter. Kemudian tadi malam mereka beristirahat, dan menghemat baterai juga," katanya.

Baca Juga: Festival Ngopi Sepuluh Ewu Banyuwangi, Satu Seduhan Jadi Saudara

3. Terkendala listrik padam

Kebakaran Gunung Ranti Banyuwangi, Empat Pendaki Terjebak IDN Times/Istimewa

Tim SAR juga terkendala listrik yang padam. Tidak adanya aliran listrik itu membuat tower seluler mati. Sehingga, mereka tidak bisa menghubungi para pendaki melalui handphone.

"Pendaki bisa berkomunikasi lewat sambungan seluler (handphone), tapi tim SAR di Paltuding tidak bisa karena BTS mati disebabkan listrik mati. Korban yang di atas itu malah ada sinyal," ujarnya.

4. Kebakaran masih berlangsung

Kebakaran Gunung Ranti Banyuwangi, Empat Pendaki Terjebak IDN Times/Istimewa

Hingga Minggu pagi, kebakaran di Gunung Ranti  masih belum padam. Kondisi kebakaran juga terpantau cepat menyebar karena angin yang kencang di ketinggian 2.200 Mdpl.

"Mulai semalam sudah mulai redup, cuma masih membara. Itu kan di atas ada badai juga," ungkapnya.

Baca Juga: Xpress Air Buka Rute Penerbangan Banyuwangi-Yogyakarta November Ini

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You