Blusukan di Lamongan, Jokowi Minta Pedagang dan Tengkulak Jaga Harga

Jewer aja pak kalau nakal

Lamongan, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin (19/11) berkunjung ke Kabupaten Lamongan. Selain meresmikan Universitas Muhammadiyah Lamongan, Jokowi juga menyempatkan diri mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Sidoarjo Kabupaten Lamongan Jawa Timur. 

1. Harga cabai di Lamongan masih stabil

Blusukan di Lamongan, Jokowi Minta Pedagang dan Tengkulak Jaga HargaANTARA FOTO/Wahyu Putro

Dalam kunjungannya ke pasar tersebut, ia langsung menuju ke salah satu pedagang cabai dan berbincang sejenak mengenai harga. Ia menemukan di pasar tersebut harga cabai Rp17 ribu per kilogram. Menurut Jokowi harga cabai di pasar itu masih wajar. Ia membandingkan dengan harga di Pasar Bogor beberapa waktu lalu. 

"Oh ya..saya biasa kalau kunjungan ke daerah  pasti mampir ke pasar. Ini saya ngecek harga. Tadi saya melihat yang turun itu, waktu saya ke pasar Bogor cabe masih di atas Rp30 ribu , ini saya tadi beli sudah turun menjadi 17 ribu per Kg," kata Jokowi.

2. Imbau pedagang dan tengkulak jaga harga

Blusukan di Lamongan, Jokowi Minta Pedagang dan Tengkulak Jaga HargaDok IDN Times/Istimewa

Selain bersyukur karena harga cabai terjangkau, Jokowi juga meminta pedagang agar tidak menjual menjual cabe terlalu mahal. Sebaliknya, ia mengimbau tengkulak untuk tidak membeli dari petani dengan harga yang terlalu rendah karena akan merugikan para petani. Kedua elemen itu diminta untuk mengambil harga standar agar harga kebutuhan dapat terjaga.

3. Harga beras sedikit naik, inflasi Jatim masih aman

Blusukan di Lamongan, Jokowi Minta Pedagang dan Tengkulak Jaga HargaANTARA FOTO/Wahyu Putro

Selain meninjau harga cabai, Jokowi memantau harga beras Jokowi. Menurutnya, harga beras di beberapa daerah memang mengalami sedikit kenaikan. 

"Tadi Pak Gubernur juga telah menyampaiakan bahwa inflasi di Jatim hanya 1,78 , ini sangat stabil . Stabilitas harga di Jatim masih bisa di jaga," katanya. Secara perhitungan Nasional inflasi tersebut masih di bawah 3,5 persen, artinya harga harga kebutuhan pokok masih bisa terkendali.

Baca Juga: Milad ke-106, Ini Lima Komitmen Muhammadiyah 

4. Jokowi hadiri dua agenda Muhammadiyah dalam sehari

Blusukan di Lamongan, Jokowi Minta Pedagang dan Tengkulak Jaga HargaDok IDN Times/Istimewa

Jokowi sendiri hari ini menghadiri dua agenda Muhammadiyah di Jawa Timur. Setelah pagi meresmikan Universitas Muhammadiyah Lamongan, siangnya dia menuju Sidoarjo. Di sana ia membuka Muktamar ke-21 Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Sorenya ia akan bertolak ke Jakarta. 

Baca Juga: Mampir Tunjungan Plaza, Jokowi Borong Oleh-oleh untuk Cucu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya