TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sudah Minta Maaf, Banser Jatim Tetap Laporkan Tirto.id

Semoga lekas ada solusi ya

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Surabaya, IDN Times - Banser Jawa Timur (Jatim) merespons keras meme yang dibuat oleh salah satu media daring, Tirto.id. Meme tersebut menggambarkan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma'ruf Amin soal legalisir zina.

Menyadari meme itu ialah salah, pihak Tirto langsung menghapusnya dan menyatakan permintaan maaf secara terbuka. hal itu rupanya tidak menyurutkan tekad Banser Jatim untuk mempolisikan Tirto.

1. Meme dinilai sudah menyebar

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Korwil Banser Jatim, Abdul Rasyid mengatakan penghapusan meme tersebut dirasa belum cukup. Pihaknya pun tetap tidak terima dan menganggap menyerbar hoaks serta melecehkan nama baik Ma'ruf Amin. "Karena meskipun sudah dihapus rekam jejak digitalnya, (meme) itu sudah banyak menyebar," ujarnya, Senin (18/3).

Baca Juga: Pasca Teror, Banser Turunkan 130 Ribu Personel

2. Memberi pembelajaran

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Rasyid juga menyampaikan, kalau pelaporan ini sebagai pembelajaran dan pemahaman masyarakat khususnya media. "Agar selalu berhati-hati menggunakan media sosial, apalagi tentang ujaran kebencian, SARA, hoaks dan fitnah," katanya.

3. Ingin beri efek jera

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain itu, Rasyid juga menambahkan jika Banser Jatim ingin memberi efek jera kepada media yang bersangkutan. Ia tidak mau lagi ada pihak yang dengan sengaja melanggar aturan hukum. "Kepada yang pelanggar UU ITE, agar di kemudian hari hal-hal seperti itu tidak terulang lagi," tambahnya.

4. Meminta lebih bijak

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Rasyid juga mengimbau agar semua pihak khususnya media bisa lebih bijak dalam menyikapi setiap hal yang menyangkut kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara. Ia meminta untuk saling menghormati setiap perbedaan. "Tanpa ada ujaran kebencian, sara, hoaks dan fitnah yang dapat memecah belah persaudaraan dan persatuan sesama anak bangsa," pungkasnya.

Baca Juga: Dianggap Hina Banser NU sebagai Kumpulan Idiot, Ini Penjelasan Dhani

Berita Terkini Lainnya