Comscore Tracker

Ingin Kuliah di Surabaya? Ini 5 Kampus Negeri yang Dapat Kamu Pilih

sudah siap ngampus di Surabaya?

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 digelar mulai dari 23 Maret hingga 15 April mendatang. Bagi kamu yang kemarin belum lolos Seleksi Negeri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jangan bersedih. Karena seperti kata pepatah, “Masih Banyak Jalan Menuju Roma”.

Kamu bisa mengikuti SBMPTN dan masih memiliki kesempatan untuk berkuliah di kampus negeri, loh! IDN telah merangkum 5 kampus negeri yang ada di Surabaya buat kamu yang ingin berkuliah di Kota Pahlawan ini. Berikut penjelasannya.

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Ingin Kuliah di Surabaya? Ini 5 Kampus Negeri yang Dapat Kamu PilihKampus ITS (Website/its.ac.id)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember, atau biasanya yang disingkat ITS sangat cocok untuk kamu yang ingin berkarir di dunia teknologi. Bagaimana tidak, kampus ternama yang satu ini memiliki 10 fakultas dengan berbagai macam prodi yang didominasi dengan ilmu mengenai teknologi. Beberapa fakultas tersebut adalah Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Elektro, Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi, dan lain sebagainya. Sedangkan jurusan favorit di ITS antara lain, Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, dan jurusan lainnya.

Kampus yang didirikan pada tahun 1957 ini memiliki akreditasi A yang didapat dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Selain itu, ITS juga menduduki peringkat ke-5 dalam 100 Besar Perguruan Tinggi Non Politeknik di Indonesia tahun 2017. Kemudian di tahun berikutnya mendapatkan peringkat 6 dalam 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi versi Kemenristekdikti. Bahkan ITS juga mampu meraih peringkat ke-3 terbaik versi Times Higher Education (THE) World University Ranking selama 3 tahun berturut-turut, yakni sejak 2019 hingga 2021.

Kampus ternama yang satu ini memiliki tiga lokasi yang bertempat di Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Jl. Raya Menur No. 127, Manyar Sabrangan, Mulyorejo dan Jl. Cokroaminoto No. 12A, Dr. Soetomo, Tegalsari. Kampus ITS Sukolilo memiliki luas bangunan kurang lebih sekitar 150.000 m². Kampus ini memiliki luas yang berpuluh kali lipat dibanding dengan 2 kampus lainnya. Sebab banyak fakultas yang berlokasi disana. Sedangkan Kampus manyar luasnya 5.176 m² yang digunakan oleh Program D-3 dan D-4 Teknik Sipil. Yang terakhir, Kampus ITS Cokroaminoto dengan luas bangunan 4.000 m² yang digunakan untuk magister manejemen dan beberapa lembaga kerjasama.

2. Universitas Airlangga

Ingin Kuliah di Surabaya? Ini 5 Kampus Negeri yang Dapat Kamu Pilihunair.ac.id

Selanjutnya adalah Universitas Airlangga, yang mana merupakan salah satu kampus yang paling diidolakan oleh siswa-siswi di sekitar Jawa Timur. Jurusan di bidang kesehatan merupakan jurusan yang paling banyak diincar di kampus ini, misalnya seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Kesehatan masyarakat, dan yang lainnya. Unair, sebutan Universitas Airlangga, memiliki 14 fakultas. Antara lain adalah Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Keperawatan (FKP), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Psikologi (FPsi), Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), dan Fakultas Vokasi, dan Program Pascasarjana.

Unair termasuk kedalam salah satu universitas terbaik di Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa prestasi yang didapatnya, seperti peringkat ke-7 dalam 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi tahun 2018 versi Kemenristekdikti. Selain itu, Unair juga masuk di daftar 200 kampus terbaik Asia versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QSWUR) selama 6 tahun, yaitu sejak tahun 2013 hingga 2019.

Sama dengan ITS, Unair juga memiliki 3 kampus, yaitu Kampus A di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No. 47, Pacar Kembang, Tambaksari, kemudian Kampus B di Jl. Airlangga No. 4-6, Gubeng, dan Kampus C di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno, Mulyorejo.

3. Universitas Negeri Surabaya

Ingin Kuliah di Surabaya? Ini 5 Kampus Negeri yang Dapat Kamu PilihGedung Rektorat Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dok. unesa.ac.id

Universitas Negeri Surabaya merupakan kampus yang dulunya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya (IKIP Surabaya). Berubahnya nama kampus ini sesuai dengan hasil keputusan rapat senat pada tanggal 12 Oktober 1998. Meskipun telah berubah, images keguruan tetap melekat pada kampus ini. Ditambah lagi banyak prodi (program studi) pendidikan di berbagai fakultas. Misalnya seperti Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Bahasa Inggris dan lain-lain. Namun, sesungguhnya banyak pula prodi murni, seperti Ilmu Komunikasi, Manajemen, Teknik Sipil, Seni Rupa, dan lain-lain.

Kampus ini memiliki 8 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Olahraga (FIO), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan juga Pasca Sarjana. Kampus bermoto “Growing with Character” ini telah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Selain itu, Unesa juga mendapatkan Anugerah Peduli Pendidikan 2022 dari Wardhana Training Center (WdTc).

Unesa memiliki dua kampus yang berlokasi di Surabaya Selatan dan Surabaya Barat. Tepatnya yaitu di  Jl. Ketintang, Ketintang, Gayungan dan Jl. Rektorat Unesa, Lidah Wetan, Lakarsantri. Kampus Ketintang ditempati oleh beberapa fakultas yaitu FISH, FEB, FT, dan FMIPA. Sedangkan fakultas lainnya berlokasi di Kampus Lidah Wetan.

4. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Ingin Kuliah di Surabaya? Ini 5 Kampus Negeri yang Dapat Kamu PilihUniversitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur (Website/upnjatim.ac.id)

Selanjutnya adalah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, atau yang disingkat dengan UPN Jatim.  Kampus yang dibangun pada 5 Juli 1959 ini telah mengalami banyak perubahan nama dan status. Mulai dari Akademi Administrasi Perusahaan Veteran Cabang Surabaya, kemudian berubah menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) Veteran Cabang Jawa Timur, hingga nama yang sekarang. Sedangkan statusnya pernah menjadi perguruan tinggi kedinasan dibawah pembinaan Deprtemen Pertahanan Keamanan RI, kemudian beralih ke pembinaan Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman, hingga kini menjadi perguruan tinggi negeri.

Kampus ini merupakan kampus bela negara, yang mana daat dilihat dari visinya yaitu sebagai universitas unggul berkarakter bela negara. Nilai Bela negara dipelajari dalam sebuat mata kuliah yang diberikan kepada semua prodi di semua fakultas. Kampus yang berlokasi di Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar ini memiliki 7 fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Arsitektur dan Desain.

Baca Juga: Guys! Unej Buka Jalur SBMPTN Sampai 15 April

5. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ingin Kuliah di Surabaya? Ini 5 Kampus Negeri yang Dapat Kamu PilihUniversitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya. Instagram.com/uinsa_surabaya

Universitas negeri yang terakhir adalah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, yang disingkat dengan UINSA. Kampus ini merupakan salah satu kampus yang mempelajari pendidikan ilmu berbasis islam serta sains dan teknologi. Dulunya kampus ini bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cabang Surabaya,  kemudian berubah menjadi IAIN Sunan Ampel Surabaya, hingga kini berubah menjadi UINSA.

UINSA memiliki moto yang berbunyi “Building Character Qualities: for the Smart, Pious, and Honorable Nation”. Dengan visi yaitu menjadi universitas Islam yang unggul dan kompetitif bertaraf nasional. Namun kampus ini juga memiliki jurusan umum yang tidak berbasis islam yang tersebar diseluruh fakultas, antara lain fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

Kampus yang terletak di Jl. Ahmad Yani No. 117 ini telah mendapatkan akrediasi ‘A” dari BAN TP (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Pada tahun 2016, kampus ini berhasil menduduki peringkat pertama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang dirilis oleh International Colleges and Universities (4ICU). Kemudian pada tahun 2019 berhasil masuk kedalam Top 100 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics.

Setelah mengetahui profil 5 kampus negeri yang ada di Surabaya, mana kampus yang ingin kamu pilih?

Baca Juga: Unesa Bakal Jadi Tempat Seleksi Atlet, Menpora: Sudah Siap   

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya