TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

20.995 Calon Mahasiswa Daftar SNBP Unair, Vokasi Sepi Peminat

Bisa tuh daftar!

Rektor Unair, Prof M Nasih. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Surabaya, IDN Times - Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) telah ditutup kemarin, Selasa (28/2/2023). Sebanyak 20.995 calon mahasiswa telah mendaftar di Universitas Airlangga (Unair). 

Baca Juga: 8 Program Studi di UNAIR Paling Diminati

1. Daya tampung Unair hanya 1.760 mahasiswa

Kampus UNAIR (unair.ac.id)

Rektor Universitas Airlangga Surabaya, Prof. M Nasih mengatakan, daya tampung Unair untuk jalur SNBP adalah 1.760. Sementara yang mendaftar di Unair untuk program S1 adalah 18.386, program D4 adalah 2.038 dan program D3 ada 571. 

"Jadi cukup banyak tetap kedokteran, psikologi juga cukup tinggi, farmasi sangat tinggi," ujar Nasih ditemui usai pengukuhan guru besar, Rabu (1/3/2023). 

2. Peminat vokasi masih minim

Fakultas Keperawatan UNAIR (unair.ac.id)

Prof Nasih menyebut, saat ini, peminat program vokasi di Unair sangat minim. Hal ini karena, biasanya calon mahasiswa menunggu dulu keterima program S1 melalui jalur SNPB, SNBT dan mandiri. Ketika tidak ditetima di tiga jalur tersebut, mereka baru mencoba program vokasi. 

"Sehingga kalau vokasi dibuka dari awal peminatnya tidak terlalu banyak," ungkapnya. 

Di Unair, ada dua program studi vokasi yang saat ini jumlah pendaftanya belum mencukupi daya tampung. Dua prodi tersebut adalah D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol. Kemudian, D3 yaitu Paramedik Veteriner.

"Saya pikir peluang yang bagus bagi kawan-kawan terutama di SNBT untuk bisa memanfaatkan D4 dan D3 kita ini daripada nunggu belum tentu karena saingan di S1 tinggi," pungkasnya. 

Baca Juga: Unair Buka Golden Tiket untuk Mahasiswa Berprestasi

Berita Terkini Lainnya