Comscore Tracker

9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing, Waspadai Sejak Dini!

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Infeksi saluran kencing atau infeksi saluran kemih (urinary tract infection) merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat peradangan pada saluran kemih, yaitu: ureter, kantung kemih, uretra maupun ginjal. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik wanita, ibu hamil, pria maupun anak-anak. Untuk terhindar dari penyakit satu ini, yuk simak ulasan penyebab infeksi saluran kencing di bawah ini!

1. Bakteri Escherichia colii

9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing, Waspadai Sejak Dini!biotechnologyfocus.ca

Salah satu hal yang paling sering menyebabkan infeksi saluran kencing adalah bakteri Escherichia colii atau yang biasa disebut e.colii. Bagi wanita, bakteri ini dapat berasal dari daerah kewanitaan yang kurang bersih dan terlalu seringnya menggunakan panty liner. Melakukan cebok dianjurkan dari arah depan ke belakang bukan sebaliknya.

2. Kurang minum air

9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing, Waspadai Sejak Dini!lesmills.co.nz

Ginjal adalah organ paling sensitif terhadap kadar air, sehingga ia akan selalu memastikan agar tidak mengganggu kinerjanya. Kekurangan air pada ginjal akan memicu bakteri untuk tumbuh dan menyerang, sehingga terjadilah infeksi saluran kencing.

3. Menopause

9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing, Waspadai Sejak Dini!everydayhealth.com

Berdasarkan jurnal e-biomedik tahun 2013, hormon estrogen yang memiliki fungsi sebagai pencegah kolonisasi vaginal dari Enterobacteriacaea mengalami reduksi yang signifikan pasca menopause. Kondisi menurunnya hormon ini menyebabakan infeksi pada saluran kemih.

4. Mengalami sembelit

9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing, Waspadai Sejak Dini!cdmgastro.com

Jika kalian tidak suka atau jarang mengonsumsi sayuran, maka akan berpotensi mengalami masalah pencernaan satu ini. Hal ini nyatanya mampu menyebabkan peradangan pada saluran kemih, karena mendorong kotoran secara paksa ke arah dubur.

Baca Juga: Apakah Air Kencing Berbau Manis Itu Normal? 7 Hal Inilah Penyebabnya 

5. Suka menahan-nahan kencing

9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing, Waspadai Sejak Dini!medicine.uq.edu.au

Menahan kencing sering dilakukan ketika sedang bepergian jauh atau melakukan aktivitas tertentu, yang tidak memungkinkan segera pergi ke toilet. Menahan kencing bisa mendorong bakteri jahat ke saluran kemih, sehingga terjadi peradangan, yang berdampak buruk bagi kesehatan.

6. Terjadi hambatan pada saluran kemih

9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing, Waspadai Sejak Dini!doctormaynd.com

Hambatan saluran kemih dapat berupa adanya batu pada saluran kemih dan ujung penis tertutup pada pria yang tidak disunat. Hambatan ini dapat mengganggu proses urin keluar dari dalam tubuh. Aliran yang terganggu seperti ini dapat membuat kuman masuk dari saluran kemih bagian bawah, yakni uretra.

7. Penyakit diabetes

9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing, Waspadai Sejak Dini!unsplash.com

Diabetes erat kaitannya dengan metabolisme hormon insulin yang terganggu. Jumlah hormon insulin yang kurang dalam tubuh mengakibatkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Hal ini tentu menyulitkan dalam proses penyaringan pada ginjal. Jika ini terjadi, bisa terjangkit infeksi saluran kencing.

8. Kelainan pada saluran kemih

9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing, Waspadai Sejak Dini!news.psu.edu

Kelainanan seperti gangguan saraf di kantung kemih, biasa juga disebut neurogenic bladder. Gangguan tersebut mampu menyebabakan gangguan pengosongan kantung kemih, sehingga kuman mudah masuk dan menyebabkan infeksi.

9. Pemasangan kateter

9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing, Waspadai Sejak Dini!healthfurther.com

Berdasarkan jurnal kesehatan, dinyatakan bahwa prosedur pemasangan kateter yang tidak sesuai dengan standar dapat memicu penyakit infeksi saluran kencing. Oleh sebab itu, prosedurnya harus dilakukan oleh perawat yang sudah mendapatkan pelatihan. Penelitian di Amerika Serikat menyatakan bahwa infeksi saluran kencing akibat pemasangan kateter yang kurang tepat dan higienis dapat menyebabkan kematian sebesar 2,3 persen.

Itulah tadi beberapa ulasan penyebab infeksi saluran kencing yang bisa dipaparkan. Semoga bermanfaat dan harus selalu waspada terhadap penyakit ini.

Baca Juga: Girls, Ini Informasi Soal Infeksi Saluran Kencing yang Harus Kamu Tahu

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Septi Riyani

Just For You