Comscore Tracker

7 Rekomendasi Es Legendaris di Malang, Tak Lekang oleh Zaman 

Mulai dari es campur, hingga es krim ada!

Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang populer di kalangan wisatawan. Kaya akan berbagai destinasi menarik, mulai dari wisata alam, taman hiburan, hingga kuliner, tak heran kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar daerah ketika hari libur tiba.

Tak hanya itu, Malang rupanya juga menyimpan menu es legendaris, yang lezat disantap di tengah panasnya kota, kala siang hari. Berikut 7 rekomendasi es legendaris di Malang, sudah ada sejak 70 tahun lalu, lho!

1. Depot Es Talun 

7 Rekomendasi Es Legendaris di Malang, Tak Lekang oleh Zaman Es Talun. (instagram.com/mrs.royspahlevi_sh)

Rekomendasi pertama yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Malang adalah Es Talun. Es campur ini disajikan dalam porsi besar dengan topping yang lengkap. Mulai dari buah-buahan, cincau hitam, dawet, kolang kaling dan es serutnya disiram dengan gula cair dan krimer kental manis. 

Soal rasa gak perlu kamu ragukan lagi, karena perpaduan manis, asam, dan segarnya sangat pas. Tak heran, depot es talun yang telah buka sejak 1950 ini, selalu ramai dikunjungi pembeli setiap hari hingga kini.

Alamat: Jl. Kawi, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang.

Jam Operasional: 09.00-18.30 WIB.

Kisaran Harga: Rp12 ribuan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Populer Dekat Alun-Alun Kota Malang

2. Es Tawon Kidul Dalem 

7 Rekomendasi Es Legendaris di Malang, Tak Lekang oleh Zaman Es Tawon. (instagram.com/melidoyanmakan)

Buka sejak tahun 1955, es tawon kidul dalem masih menjadi minuman segar terfavorit bagi warga Malang hingga kini. Selalu menggunakan pemanis alami, membuat lokasi es tawon Kidul Dalem seringkali dihinggapi oleh tawon atau lebah. Itulah mengapa sejak dahulu kala es ini disebut dengan nama es tawon.

Es legendaris ini memiliki isian alpukat, mutiara, cincau hitam, tape, serta kacang hijau dan sirup merah yang unik. Rasa sirup gula merah ini sangat khas, dan merupakan resep warisan secara turun-menurun. Cobain, deh!

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.15, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang.

Jam Operasional: 08.00-14.30 WIB.

Kisaran Harga: Rp8 ribuan.

3. Es Santan 68 Pak No 

7 Rekomendasi Es Legendaris di Malang, Tak Lekang oleh Zaman Es Santan 68 Pak No. (instagram.com/hanumlaper)

Es santan 68 Pak No adalah sajian es santan paling populer di Kota Malang. Es ini berhasil mengubah persepsi es santan yang jadul, menjadi es segar dengan sajian yang kekinian. Penambahan roti dan sirup merah di atas gelasnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.

Sesuai dengan namanya, es santan 68 ini telah mulai dijajakan sejak tahun 1968. Sutono, penjual es santan 68 mengaku memulai usahanya dengan berkeliling memikul es santan, kemudian berkembang menjadi gerobak, dan kini es santan 68 telah memiliki kedai sendiri di tengah Kota Malang.

Datang lebih pagi, ya! Dalam waktu 3 jam saja es ini sudah ludes terjual, lho!  

Alamat: Jl. Sempu, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang.

Jam Operasional: 11.00-14.00 WIB.

Kisaran Harga: Rp4 ribu.

4. Es Kacang Top Ternate (KTT) 

7 Rekomendasi Es Legendaris di Malang, Tak Lekang oleh Zaman Es KTT. (instagram.com/loyjournal)

Olahan es yang terkenal dengan nama es KTT ini mulai dijajakan sejak tahun 1975. Berbahan dasar kacang merah Ternate, es ini memiliki cita rasa yang khas karena diracik dengan 8 resep rempah Maluku asli. Wow!

Rasa rempah yang otentik ini akan terasa sangat kuat, ketika kamu mencicip sirup esnya. Porsi besar yang disajikan juga membuat setiap pembeli pasti puas ketika mencobanya. Tak heran es ini selalu ramai dengan pembeli karena keunikan dan cita rasanya yang juara!

Alamat: Jl. Raya Langsep, Bareng, Kec. Klojen, Kota Malang.

Jam Operasional: 10.00-21.00 WIB.

Kisaran Harga: Rp16 ribuan.

5. Es Teler Dempo 

7 Rekomendasi Es Legendaris di Malang, Tak Lekang oleh Zaman Es Teler Dempo. (instagram.com/ajakmakan)

Kuliner yang populer di kalangan pelajar ini, berlokasi tepat di belakang SMA Albertus Malang. Menariknya, kedai es teler ini telah buka sejak tahun 1978. Kini, berbagai menu yang disajikan telah sangat berkembang. Tak hanya es teler saja, di sini kamu juga bisa memesan es mocca durian, es buah, es kacang hijau, dan es degan.

Tertarik untuk mampir? Wajib cobain menu es teler durian yang selalu jadi best seller, nih!

Alamat: Pujasera Dempo, Jl. Gede, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

Jam Operasional: 09.00-16.00 WIB.

Kisaran Harga: Mulai Rp7 ribuan.

6. Es Gunung 

7 Rekomendasi Es Legendaris di Malang, Tak Lekang oleh Zaman Es Gunung Kepanjen. (instagram.com/esgunungkepanjen)

Bergeser sedikit ke Kabupaten Malang, kamu akan menemukan sebuah depot es yang juga sangat populer di Kota Apel. Es gunung ini memiliki isian buah yang berbeda dengan es buah kebanyakan. Es gunung menggunakan buah salak, tomat, dan pear untuk isiannya.

Selain itu, sepot ini juga terkenal menyajikan bakso dengan pelayanan self service, sehingga kamu bisa bebas mengambil semua toppingnya, sesuai selera. Semua menu yang disajikan cocok untuk kuliner siang di Malang, nih!

Alamat: Jl. Ahmad Yani Depan Pasar No.35, Banurejo, Kepanjen, Kec. Kepanjen, Kabupaten Malang.

Jam Operasional: 09.30-18.30 WIB.

Kisaran Harga: Rp8 ribuan.

7. Es Krim Oen 

7 Rekomendasi Es Legendaris di Malang, Tak Lekang oleh Zaman Es krim Oen. (instagram.com/eva.sfood)

Toko Oen menjadi destinasi kafe yang wajib kamu datangi ketika berkunjung ke Malang. Kafe ini menyajikan berbagai pilihan es krim menarik, yang dikenal dengan nama es krim Oen. Kamu bisa menikmati 1-3 scoop es krim dengan rasa yang berbeda di sini. Selain itu, tambahan buah cherry yang ada juga semakin mempercantik tampilan es krimnya.

Selain itu, interior Toko Oen juga sangat estetik. Bangunan yang telah ada sejak tahun 1930 ini memiliki desain vintage yang menarik, khas Negeri Kincir Angin. Menariknya, kafe ini juga menawarkan berbagai olahan kue kering, kue basah, dan produk pastry lainnya. Makan es krim dan roti di sini, serasa lagi hang out di luar negri, nih!  

Alamat: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang.

Jam Operasional: 08.00-20.00 WIB.

Kisaran Harga: Rp25 ribuan.

Itulah 7 rekomendasi es paling legendaris di Kota Malang. Mau cicip yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Enak Dekat Stadion Kanjuruhan Malang

Egydia Artamevia Photo Community Writer Egydia Artamevia

Check @egydiard on instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya