TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bandara Trunojoyo Diresmikan Jokowi

Bandara Trunojoyo sebagai starting point

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo di Sumenep, Rabu (20/4/2022)

Sumenep, IDN Times - Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo di Sumenep diresmikan oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, Rabu (20/4/2022). Bandara seluas 34 hektare ini mempunyai landasan pacu sepanjang 1.600 meter dan gedung seluas 3.600 meter.

Nantinya, Bandara Trunojoyo akan dikomersialkan untuk penerbangan dalam negeri. Melayani beberapa rute. Antara lain, Madura - Surabaya, Madura - Bawean (Gresik), Madura - Pagerungan dan Madura - Banyuwangi. Rencananya dikembangkan rute ke Banjarmasin, Jakarta dan Bali.

Baca Juga: Jokowi Berharap Defend ID Jadi Industri Pertahanan 50 Terbesar Dunia

1. Bandara bisa tingkatkan konektivitas dan pangkas waktu tempuh

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo di Sumenep, Rabu (20/4/2022)

Jokowi mengatakan, bandara ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil dan membuka isolasi pulau terpencil di sekitar Madura. Bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh.

"Jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja," ujarnya saat peresmian, Rabu (20/4/2022).

2. Ekonomi di Madura diprediksi tumbuh dengan adanya bandara

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo di Sumenep, Rabu (20/4/2022)

Jokowi meyakini, konektivitas yang baik akan berdampak pada mobilitas masyarakat yang semakin lancar. Hal ini juga akan berefek pada sektor ekonomi yang diprediksi akan terus tumbuh. "Usaha baru InsyaAllah akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah," kata dia.

Baca Juga: Mudik Mayoritas Jalur Darat, Jokowi Khawatir Macet

Berita Terkini Lainnya