TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bandara Juanda Dibuka, Pendaftar Umrah Jatim Meningkat 2 Kali Lipat

Syarat umrah dipermudah

Ilustrasi. Jemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19. Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny

Surabaya, IDN Times - Jumlah jemaah umrah dari Jawa Timur (Jatim) terpantau mengalami peningkatan. Hal tersebut terjadi setelah pemerintah membuka pintu penerbantan internasional, Bandara Juanda di Sidoarjo. Syarat-syarat untuk umrah juga dipermudah.

Baca Juga: Jemaah Umrah dari Juanda Terbang ke Arab Hari Ini

1. Pendaftar umrah bertambah dua kali lipat

Maskapai Garuda Indonesia telah membuka kembali layanan penerbangan umrah. (dok. Garuda Indonesia)

Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Jatim, M. Sufyan Arif mengatakan, jumlah jemaah ditaksir bertambah dua kali lipat di bulan April. Saat ini, sebanyak 3.000 hingga 4.000 warga Jatim masuk daftar tunggu ibadah umrah di Bulan Maret 2022.

"Bulan April karena Bulan Ramadaan, naik hingga 7.000 untuk yang daftar umrah. Angka ini bahkan meningkat 2 kali lipat dibanding maret, karena Ramadhan," kata dia tertulis, Senin (14/3/2022).

2. Peningkatan jemaah karena Juanda telah dibuka

Dok Pengelola Bandara Juanda

Lebih lanjut, diakui oleh Sufyan memang antusias menjalankan ibadah umrah di kawasan Jatim hingga Nusa Tenggara memang tinggi. Bahkan, Jatim dikenal sebagai penyumbang jemaah umrah maupun haji terbanyak secara nasional.

"Animo masyarakat lebih besar apalagi dibuka dari sini (Bandara Juanda). Jadi lebih dekat, nggak perlu jauh-jauh ke (Bandara) Soetta," kata Sufyan.

Baca Juga: Menko Marves Patikan Umrah Sudah Bisa Lewat Jatim 

Berita Terkini Lainnya