Comscore Tracker

Jemaah Umrah dari Juanda Terbang ke Arab Hari Ini

Ada dua maskapai yang tersedia

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa memastikan dalam dua hari ini, Senin (14/3/2022) - Selasa (15/3/2022), jemaah umrah mulai diberangkatkan dari Bandara Juanda. Pemberangkatan menggunakan dua maskapai, Garuda Indonesia dan Lion Air.

"Mulai hari ini, Senin (14/3) perjalanan luar negeri termasuk ibadah umrah akan dibuka kembali dari terminal internasional Juanda," tulisnya di Instagram @khofifah.ip.

1. Perlindungan jemaah jadi prioritas

Jemaah Umrah dari Juanda Terbang ke Arab Hari IniJemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Mantan Menteri Sosial (Mensos) ini menyampaikan, ada hal yang akan diprioritaskan dalam pemberangkatan jemaah umrah via Bandara Juanda. Seperti memprioritaskan perlindungan jemaah yang telah terdaftar di Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) atau biro perjalanan umrah dari Jatim.

"Koordinasi dengan para agen pelaksana umrah harus intensif. Karena peminat di Jatim sangat tinggi sekali. Termasuk juga, Dinas Kesehatan Jatim bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya terkait kepulangan juga harus intensif," kata Khofifah dalam keterangan tertulis.

Menurut dia, perlindungan ekstra hati-hati harus dilakukan pada jamaah yang masuk dalam kategori lansia serta lansia yang memiliki penyakit bawaan (komorbid). Apalagi, pada dasarnya seperti diketahui bersama pandemik COVID-19 belum bisa disebut selesai, meskipun trennya melandai.

Baca Juga: Bandara Juanda Berangkatkan Jamaah Umrah Mulai Senin

2. Maka dari itu diwajikan tes swab saat tiba di Juanda serta disediakan hotel

Jemaah Umrah dari Juanda Terbang ke Arab Hari IniJemaah umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Nah, untuk mengantisipasi kembali meluasnya virus corona SARS CoV-2, pemerintah Indonesia masih akan mewajibkan tes swab antigen atau PCR bagi para jemaah umrah yang pulang. Meski, pemerintah Arab Saudi sudah tidak mewajibkannya.

"Misalnya jika kedatangan akhir di  Juanda, nanti akan dilakukan swab di Juanda. Sambil menunggu swab jemaahh menunggu di hotel yang telah diverifikasi KKP, PHRI dan Dinkes Provinsi," kata Khofifah.

Adapun hotel yang telah disediakan sebanyak 27 hotel dengan total kapasitas 1.299 bed "Antisipasi seiring bertambahnya jumlah penerbangan maskapai, bisa diexercise untuk menjadi 61 hotel. Saat ini hanya 27 yang terverifikasi," dia menambahkan.

3. Maskapai Lion Air terbang 8 kali sebulan sedangkan Garuda 3 kali sebulan

Jemaah Umrah dari Juanda Terbang ke Arab Hari IniTwitter/@lionairgroup

Nah terkait jumlah penerbangan maskapai, Khofifah menaksir akan mengalami peningkatan. Hal ini seiring dengan akan masuk Bulan Ramadan yang mana banyak warga Jatim beragama Islam yang pergi umrah. Untuk penerbangan awal, akan ada dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Lion Air.

Berdasarkan data dari Lion Air di Bulan April, maskapai ini akan melakukan dua kali penerbangan dalam satu minggu. Sehingga dalam satu bulan akan ada delapan kali keberangkatan jemaah. Untuk Garuda Indonesia sendiri di Bulan April akan melangsungkan tiga kali penerbangan umrah dalam satu bulan.

"Kami sangat berharap jika ada penambahan jumlah jadwal penerbangan umrah dari maskapai yang tersedia. Baik ke Jeddah maupun Madinah. Karena peluang ibadah ini sangat diminati masyarakat apalagi menjelang Ramadan," pungkasnya.

Baca Juga: Menko Marves Patikan Umrah Sudah Bisa Lewat Jatim 

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya