Comscore Tracker

5 Fakta Tradisi Pasar Bandeng di Gresik, Warisan Asli Sunan Giri

Tiap tahunnya semakin ramai dan meriah

Berada di pesisir pantai, membuat Kabupaten Gresik di Jawa Timur memiliki potensi hasil tambak luar biasa, terutama ikan bandeng. Bahkan, tambak ikan bandeng ini sudah ada dan dibudidaya sejak zaman Sunan Giri masih berkuasa.

Karena melimpahnya panen ikan bandeng di sana, ada tradisi pasar bandeng yang rutin diadakan di Alun-alun Kabupaten Gresik. Setiap tahun, acara ini semakin meriah dengan aneka kegiatan di dalamnya. Penasaran? Yuk simak beberapa faktanya di sini

1. Apa itu tradisi Pasar Bandeng?

5 Fakta Tradisi Pasar Bandeng di Gresik, Warisan Asli Sunan GiriPasar Bandeng Gresik (instagram.com/chusnulcahyadi)

Tradisi pasar bandeng merupakan kegiatan tahunan msyarakat Gresik, untuk menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Bandeng sendiri adalah salah satu komoditas unggulan Gresik yang cukup melimpah ruah. Tradisi ini pun menjadi salah satu momen yang ditunggu masyarakat. 

Di dalam pasar tahunan ini akan diadakan lomba dan lelang ikan bandeng terbesar milik petani tambak di sana. Tradisi ini biasanya diadakan pada hari ke 25 hingga hari ke 29 bulan Ramadan. 

2. Warisan tradisi dari Sunan Giri

5 Fakta Tradisi Pasar Bandeng di Gresik, Warisan Asli Sunan GiriPasar Bandeng Gresik (instagram.com/gresiktourism)

Tradisi ini sudah menjadi acara rutin masyarakat Gresik, sejak Sunan Giri berkuasa memimpin Kerajaan Giri Kedaton. Pasar Bandeng mulai dilakukan karena banyaknya santri yang membawa pulang bandeng sebagai oleh-oleh selepas iktikaf di Gresik.

Konon, Sunan Giri melihat potensi ikan bandeng yang cukup melimpah dan bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Dari situ, tradisi pasar bandeng diadakan, mulai dari lomba hingga lelang yang bisa dilihat dan diikuti semua masyarakat Gresik. 

3. Menyambut datangnya hari raya Idul Fitri

5 Fakta Tradisi Pasar Bandeng di Gresik, Warisan Asli Sunan GiriPasar Bandeng Gresik (instagram.com/chusnulcahyadi)

Selain untuk menyambut datangnya hari raya, tujuan lain adanya tradisi pasar bandeng adalah untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan atas panen ikan yang melimpah setiap tahunnya. 

Acara itu juga merupakan upaya para masyarakat untuk tetap setia konsisten merawat dan mengembangkan tambak. Sehingga bandeng bisa menjadi produk unggulan, yang menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Gresik. 

Baca Juga: 6 Olahan Ikan Khas Gresik yang Rasa Gurihnya Autentik Banget, Cobain!

4. Berbeda dari zaman dulu

5 Fakta Tradisi Pasar Bandeng di Gresik, Warisan Asli Sunan GiriPasar Bandeng (instagram.com/wardah_muhammad)

Kini, pasar bandeng menjadi ajang tahunan yang meriah di Gresik. Tak hanya ada lelang dan lomba ikan saja, di sini banyak bazar UMKM, festival kuliner, serta kompetisi memasak. Selain itu, di malam terakhir penyelenggaraan pasar tahunan ini ada penyerahan hadiah dari pemerintah bagi petani tambak yang memiliki bandeng terbesar dan berat. Rata-rata bandeng yang ada di pasar ini, ukurannya besar-besar bahkan ada yang mencapai 18 kilogram.  Hal ini tentu sangat berbeda dengan zaman dulu yang hanya ada lelang ikan saja saat malam terakhir penyelenggaran tradisi ini.

5. Banyak pengunjung dari luar daerah

5 Fakta Tradisi Pasar Bandeng di Gresik, Warisan Asli Sunan GiriPasar Bandeng Gresik (instagram.com/fitrohuyee)

Semakin meriahnya tradisi ini membuat pengunjung pasar ini bukan hanya dari Gresik, tetapi juga dari daerah sekitarnya. Bahkan, lokasi yang dulunya hanya ada di sekitar Pasar Krempyeng , kini semakin meluas dari Jalan Suryo hingga Alun-alun Kabupaten Gresik. 

Pasar Bandeng diadakan malam hari sehingga cukup ramai penuh dengan orang dewasa maupun anak-anak. Rasa bandeng khas Gresik yang enak sudah terkenal sejak dulu. Tak heran setiap tradisi pasar bandeng diadakan, selalu dipadati masyarakat Gresik dan dari luar daerah. Jangan lupa untuk memasukkan event ini ke dalam bucket listmu saat liburan ke Gresik, ya! 

Baca Juga: Mau Mudik ke Gresik? Cek Tarif Tol Surabaya-Gresik Berikut!

Natasha Wiyanti Photo Community Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya