Comscore Tracker

Informasi Pantai Rajaan Trenggalek: Rute, Harga Tiket Hingga Tipsnya

Ada laguna jernih dan bersih, bisa buat berenang, loh!

Berkunjung ke Trenggalek tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke wisata pantainya.  Pasalnya, Kabupaten Trenggalek memiliki destinasi wisata pantai yang cukup banyak. Salah satunya, adalah Pantai Rajaan Trenggalek. 

Bagi kamu yang hobi berpetualang menjelajahi alam, Pantai Rajaan Trenggalek harus menjadi daftar pilihan pantai yang kamu kunjungi. Nah, sebelum ke sana terlebih dahulu kamu membaca ulasan mengenai rute, harga tiket masuk, hingga tipsnya berikut ini. 

1. Sekilas tentang Pantai Rajaan Trenggalek

Informasi Pantai Rajaan Trenggalek: Rute, Harga Tiket Hingga TipsnyaPengunjung berswafoto di batu karang (Instagram/miftahchan_)

Pantai Rajaan merupakan salah satu pantai di Trenggalek yang menawarkan keindahan alam. Pantai Rajaan ini memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, pantai memiliki tiga bagian dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Tiga bagian itu, yakni Pantai Rajaan Kulon, Pantai Rajaan Mbulu dan Pantai Rajaan Wetan. 
Pantai Rajaan Kulon memiliki karakteristik panorama keindahan pantai dengan lahan area persawahan warga yang berbentuk terassering. Lahan persawahan ini langsung menghadap ke arah bentangan luas laut. Recommended banget buat kamu yang suka dengan keindahan alam bebas. 

Kemudian untuk Pantai Rajaan Mbulu memiliki karakteristik pantai dengan keindahan batu karang dan laguna yang jernih dan bersih. Sedangkan, untuk karakteristik Pantai Rajaan Wetan hamparan bibir pantai didominasi bebatuan berwarna hitam. Tentunya, karakteristik yang berbeda-beda ini semakin memberikan nilai tambah daya tarik tersendiri Pantai Rajaan Trenggalek. 

2. Lokasi, harga tiket, dan waktu buka Pantai Rajaan Trenggalek

Informasi Pantai Rajaan Trenggalek: Rute, Harga Tiket Hingga TipsnyaPengunjung saat menuju lokasi (Youtube/Kangmas Koko)

Lokasi Pantai Rajaan Trenggalek ini terletak di Desa Ngulungkulon, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini buka 24 jam. Sedangkan, untuk harga tiket masuk Pantai Rajaan Trenggalek ini gratis. Pantai ini terbilang masih asri belum banyak dikunjungi. Lokasi menuju pantai pun cukup memacu adrenalin, cocok banget buat kamu para penjelajah dan pencinta alam. 

3. Rute dan jarak tempuh menuju Pantai Rajaan Trenggalek

Informasi Pantai Rajaan Trenggalek: Rute, Harga Tiket Hingga TipsnyaJalan menuju lokasi Pantai Rajaan (Youtube/Kangmas Koko)

Rute Pantai Rajaan Trenggalek ini Jalan Munjungan-Kampak atau melewati Jalan Raya Dongko-Kampak. Kalau kamu berangkat dari pusat Kota Trenggalek, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih 30 menit perjalanan. Estimasi jarak tempuh sekitar 52 kilometer.
Nantinya, setelah sampai di lokasi, kamu harus memarkir kendaraan. Setelah itu pengunjung harus melanjutkannya dengan jalan sekitar 2 kilometer. Kamu gak perlu khawatir mengeluarkan biaya parkir. Sebab, parkir di sini gratis. Namun, jangan lupa untuk mengunci kendaraanmu. 

4. Aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Pantai Rajaan Trenggalek

Informasi Pantai Rajaan Trenggalek: Rute, Harga Tiket Hingga TipsnyaPengunjung berenang di laguna (Youtube/Sobat Jee Channel)

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini adalah berswafoto, membuat vlog, berenang hingga memasak mi, dengan catatan membawa bekal sendiri. 

Kamu juga bisa memancing di sini. Selain itu, kamu bisa menyaksikan indahnya sunset maupun sunrise. Namun, jangan berharap bisa main pasir di pantai ini, karena lokasi pantai penuh dengan bebatuan. 

5. Tips ketika berwisata ke Pantai Rajaan Trenggalek

Informasi Pantai Rajaan Trenggalek: Rute, Harga Tiket Hingga TipsnyaPengunjung berswafoto di lokasi(Instagram/mbolangtrenggalek)

Mengingat, lokasi menuju wisata ini masih sangat asri dengan jalanan yang licin dan terjal. Kamu harus memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Selain itu, usahakan untuk menggunakan kendaraan roda dua. 

Jangan lupa membawa bekal sendiri, karena belum ada penjual makanan ataupun minuman. Setelah makan, jangan lupa membuang sampah di tempatnya. Jaga kebersihan pantai. 

Usahakan berangkat pagi ataupun siang hari, karena lokasi menuju pantai harus melewati hutan. Pastikan juga kamu berangkat pada saat cuaca cerah. Terakhir, karena kondisi medan yang masih kamu wajib memakai sepatu traveling.


Itu tadi sekilas informasi mengenai Pantai Rajaan Trenggalek Jawa Timur. Keindahan wisata ini dapat kamu nikmati dengan gratis. Jadi, kapan nih kamu mau berangkat ke lokasi? 

Baca Juga: Candi di Trenggalek Ini Diduga Jejak Era Mataram Kuno

Rangga Rafi Arli Photo Community Writer Rangga Rafi Arli

Alhamdulillah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya