Comscore Tracker

Air Terjun Tirtosari Magetan Ditutup usai Wisatawan Tertimpa Batu

Air Terjun Tirtosari Magetan ditutup sementara 

Magetan, IDN Times - Perum Perhutani menutup kunjungan wisata Air Terjun Tirtosari di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan selama beberapa hari ke depan. Langkah ini dilakukan untuk mengecek kondisi keamanan lokasi wisata dari potensi jatuhnya batu seperti yang terjadi pada Minggu (3/7/2022).

"Saat ini masih kami tutup sampai ada instruksi dari pimpinan untuk kembali membuka jika kondisi sudah benar-benar aman," Kepala RPH Sarangan, KPH Lawu DS, Supriyanto saat dihubungi IDN Times, Senin, (4/7/2022).

1. Petugas Perhutani masih menyisir lokasi kejadian

Air Terjun Tirtosari Magetan Ditutup usai Wisatawan Tertimpa BatuIlustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut dia, saat ini petugas Perum Perhutani masih mengecek kondisi di lokasi kejadian. Terutama mencari titik asal batu berdiameter sekitar 60 sentimeter yang jatuh dan menimpa tiga wisatawan. Selain itu, memastikan ada atau tidaknya batu yang berpotensi terjun bebas dari tebing di kawasan Air Terjun Tirtosari.

"Sebenarnya tidak ada bekas longsoran. Mungkin, sebelum jatuh posisi batu (yang menimpa wisatawan) berada di sela-sela akar dan batu lain," ujar dia.

Baca Juga: 9 Potret Wisata Mojosemi Forest and Dinosaurus Park di Magetan

2. Seorang wisatawan meninggal dunia

Air Terjun Tirtosari Magetan Ditutup usai Wisatawan Tertimpa BatuIlustrasi jenazah. (IDN Times/Mardya Shakti)

Minggu siang kemarin, sebongkah batu jatuh dari tebing dan menimpa tiga wisatawan. Satu di antaranya meninggal saat hendak dibawa ke RSUD dr Sayidiman, Magetan. Sedangkan dua lainnya mengalami luka.

"Satu sudah boleh dibawa pulang dan satunya lagi diminta dirawat di RSUD dr Soedono, Kota Madiun atas permintaan pihak keluarga," kata Supriyanto.

3. Rombongan pegawai PT Telkom Pasuruan

Air Terjun Tirtosari Magetan Ditutup usai Wisatawan Tertimpa BatuAir terjun Tirtosari di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. instagram.com/airterjuntirtosari

Menurut dia, ketiga wisatawan itu tengah berada di bawah Air Terjun Tirtosari saat sebongkah batu terjun bebas. Akibatnya mereka terluka. Warga yang mengetahui kejadian itu langsung melaporkan ke pihak Perhutani. Lantas, ketiga korban dibawa ke Puskemas Plaosan. Kemudian, dirujuk ke RSUD dr Sayidiman, Magetan.

Ketiga wisatawan itu merupakan rombongan pegawai PT Telkom Pasuruan. Kedatangan mereka bersama empat orang yang lain. Tiga dari mereka juga ikut ke air terjun dan seorang lainnya memilih tetap tinggal di salah satu hotel kawasan Telaga Sarangan.

Sementara itu, seorang yang meninggal dunia adalah Anggita A.Y (26) warga Subang, Jawa Barat. Kemudian, I Wayan Krisna (21) asal Probolinggo, Jawa Timur dan Binarti Fauziah (26) asal Bandung, Jawa Timur. Mereka merupakan rombongan yang terdiri dari tujuh orang dari PT Telkom, Pasuruan.

4. Polisi menyatakan murni karena faktor alam

Air Terjun Tirtosari Magetan Ditutup usai Wisatawan Tertimpa BatuIlustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Kapolsek Plaosan AKP Joko Yuhono menegaskan bahwa peristiwa jatuhnya batu dan menimpa wisatawan murni faktor alam. Sebab, Air Terjun Tirtosari berada di antara tebing di Lereng Gunung Lawu.

"Murni karena faktor alam. Batu terlepas dari tebing dan akhirnya menimpa wisatawan, " ujar kapolsek.

Air Terjun Tirtosari merupakan destinasi wisata yang berlokasi di kawasan Telaga Sarangan, Magetan. Dari telaga itu jaraknya sekitar empat kilometer. Untuk menuju ke sana dianjurkan berjalan kaki atau naik sepeda motor. Layanan transportasi roda dua juga disediakan warga setempat dengan mengunakan jasa ojek.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Magetan, Seru Buat Nongkrong!

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya