Comscore Tracker

8 Kafe Hits Jawa Timur yang Berada di Tengah Hutan, Asri dan Sejuk

Bikin betah dan bantu refresh pikiran

Berada di alam terbuka dengan suasana yang menyegarkan akan membantu tubuh dan pikiran menjadi rileks. Apalagi, sambil nongkrong di kafe dengan menikmati beberapa menu yang ada. Akhir-akhir ini banyak terdapat kafe yang mengusung tema alam dengan memilih lokasi di tengah hutan yang memiliki pepohonan menjulang tinggi.

Tentu hal tersebut membuat para pengunjung tertarik untuk mencoba merasakan sensasi menikmati kafe di alam terbuka nan asri. Berikut ini ada beberapa rekomendasi kafe di Jawa Timur yang berlokasi di tengah hutan. Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

1. Kedai Josami

8 Kafe Hits Jawa Timur yang Berada di Tengah Hutan, Asri dan SejukKedai Josami (instagram.com/kedaijosami)

Kedai Josami merupakan salah satu tempat nongkrong yang ada di Trawas. Berada di hutan membuat kedai ini memiliki udara yang segar dan nyaman. Pengunjung akan dimanjakan karena tempat ini pas untuk dijadikan me-time dan healing.

Kafe ini juga memiliki fasilitas Wifi yang bisa diakses oleh pengunjung. Kedai Josami juga memiliki beragam menu dengan harga yang ramah dikantong. Mulai dari makanan berat, camilan ringan, sampai beragam minuman yang bisa kamu coba. 

Lokasi: Jl. Trawas - Mojosari RT 03 RW 05 Kemloko Cembor, Cembor, Trawas, Mojokerto

Harga menu: mulai dari Rp5 ribu

Jam operasional: 09.00-22.00 WIB (hari minggu sampai jumat) dan hari sabtu buka 24 jam

Baca Juga: 6 Kafe yang Sajikan Sensasi Ngopi di Atas Aliran Sungai

2. Alas Trawas

8 Kafe Hits Jawa Timur yang Berada di Tengah Hutan, Asri dan SejukAlas Trawas (instagram.com/alastrawas)

Sesuai dengan namanya, "Alas" yang berarti "Hutan". Alas Trawas merupakan kafe outdoor dan indoor dengan konsep di tengah hutan dan memiliki spot-spot foto yang instagramable. Pemandangan alam yang disajikan juga sangat memanjakan mata karena berada di daerah pegunungan.

Kafe Alas Trawas merupakan salah satu kafe di daerah Trawas yang hits dikalanga anak muda. Selain view alam yang bagus, menu makanan dan minuman juga terbilang cukup terjangkau. Untuk makanan ada nasi goreng, bakso, sampai soto. Minumannya juga beragam, ada berbagai pilihan kopi sampai mocktail

Lokasi: Jl. Trawas - Mojosari No. 60, Kemiloko, Trawas, Mojokerto. 

Harga menu: mulai dari Rp5 ribu sampai Rp22 ribu

Jam operasional: 08.00-21.00 WIB (setiap hari selasa sampai sabtu)

3. Ngopi Wenk Jurang

8 Kafe Hits Jawa Timur yang Berada di Tengah Hutan, Asri dan SejukNgopi Wenk Jurang (instagram.com/ngopiwenk)

Bagaimanakah rasanya nongkrong di tengah hutan dan dipinggir jurang? Kamu bisa merasakan sensasinya saat berada di Ngopi Wenk Jurang. Tempat nongkrong ini hadir dengan konsep outdoor yang menawarkan suasana nyaman khas daerah perbukitan. Karena berada diantara pepohonan yang rindang, kafe ini memiliki kualitas udara yang segar.

Kafe ini buka hingga malam, sehingga kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar saat malam hari yang sangat memanjakan mata. Dari kafe ini, kamu juga bisa menikmati keindahan dari Gunung Arjuno. Selain memberikan suasana yang keren, Ngopi Wenk Jurang juga memiliki beragam menu makanan dan minuman yang bisa kamu coba. 

Lokasi: Pinus Garden, Jl. Raya Trawas, Sumber Wekas, Lumbungrejo, Prigen, Pasuruan

Harga menu: mulai dari Rp5 ribu

Jam operasional: 09.00-22.00 WIB (buka setiap hari)

4. Kedai Hutan Cempaka

8 Kafe Hits Jawa Timur yang Berada di Tengah Hutan, Asri dan SejukKedai Hutan Cempaka (instagram.com/noires13k)

Kedai Hutan Cempaka menawarkan konsep kafe ala pedesaan yang berada di tengah hutan dengan rimbunnya pepohonan. Memiliki dua pendopo dan area outdoor yang luas serta hawa yang sejuk. Sehingga akan cocok untuk dijadikan tempat nongkrong seru bareng temen maupun keluarga.

Memiliki beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba, seperti ATV dan flying fox. Beragam menu-menu tradisionalnya juga akan menemanimu menikmati suasana di kafe ini. Disini juga ada menu prasmanan yang bisa kamu ambil sendiri, seperti nasi jagung sampai lodeh.

Lokasi: Jalan Indrokilo Cempaka Gamoh, Dayurejo, Prigen, Pasuruan

Harga menu: mulai dari Rp4 ribu

Jam operasional: 09.00-21.00 WIB (buka setiap hari)

5. Samiremen Cafe

8 Kafe Hits Jawa Timur yang Berada di Tengah Hutan, Asri dan SejukSamiremen Cafe (instagram.com/mojokertojalanjalan)

Jika kamu ingin merasakan sensasi ngopi di tengah hutan yang dikelilingi pohon pinus, Samiremen Cafe jawabannya. Memiliki bangunan utama yang terbuat dari kayu, kafe ini juga memiliki area outdoor yang aesthetic dan natural. Banyak spot foto keren yang bisa kamu coba.

Samiremen Cafe memiliki beragam menu kuliner khas nusantara yang bisa kamu cicipi, harganya pun cukup murah. Ada menu makanan tradisional, seperti nasi sambel klotok dan kikil lethek yang nikmat. Untuk minuman juga beragam, mulai dari kopi sampai minuman dengan campuran susu.

Lokasi: Jl. Trawas - Mojosari, Sukosari, Trawas, Mojokerto

Harga menu: mulai dari Rp5 ribu

Jam operasional: 09.00-22.00 WIB (setiap hari senin sampai jumat), 09.00-00.00 WIB (khusus hari sabtu) dan 07.30-00.00 WIB (untuk hari Minggu dan holiday)

6. Kedai Alas Pakis

8 Kafe Hits Jawa Timur yang Berada di Tengah Hutan, Asri dan SejukKedai Alas Pakis (instagram.com/alaspakis)

Memiliki suasana asri dan sejuk dengan dikelilingi pohon pinus yang menjulang tinggi membuat Kedai Alas Pakis dikunjungi banyak orang. Disekeliling pohon pinus juga dihiasi dengan tumbuhan pakis yang membuat kedai ini semakin terlihat nyaman untuk didatangi.

Sembari menghirup udara pegunungan yang sejuk, kamu juga bisa menikmati kopi khas Gunung Kawi. Mengingat kedai ini yang terletak di lereng Gunung Kawi sehingga hasil bumi di sekitar kedai ini didominasi dengan perkebunan kopi.

Selain kopi, kamu juga bisa menikmati makanan yang lezat, seperti ayam bakar kecap sampai bakmi. Adapun buat kamu yang hanya ingin camilan bisa memesan kentang goreng, pentol, pisang coklat dan masih banyak lagi. Selain kopi, juga ada beragam pilihan minuman lainnya.

Lokasi: Dusun Kenongo, Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Malang

Harga menu: mulai dari Rp3 ribu sampai Rp20 ribu

Jam operasional: 08.00-20.00 WIB (buka setiap hari)

7. Kampnh

8 Kafe Hits Jawa Timur yang Berada di Tengah Hutan, Asri dan SejukKampnh (instagram.com/kampnh_)

Kampnh merupakan salah satu kafe hidden gem yang ada di Blitar. Pasalnya, kafe ini terletak di base camp atau titik kumpul para pendaki Gunung Kelud. Kafe ini juga dekat dengan hutan loji. Untuk menuju ke kafe ini kamu harus menuruni beberapa anak tangga karena letaknya yang agak bersembunyi. 

Kampnh memiliki dua tempat, ada indoor dan outdoor. Meski dengan seating area yang tidak terlalu besar, namun kafe ini sangat nyaman untuk kamu yang ingin me-time atau ngobrol santai bareng temen, pasangan, ataupun keluarga. Menu yang ditawarkan juga cukup beragam, ada snacks seperti donat dan kentang, makanan berat, serta ada bermacam minuman seperti kopi, teh, dan jus. 

Lokasi: Dusun Celeng, Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Blitar

Harga menu: mulai dari Rp10 ribu

Jam operasional: 10.00-22.00 WIB (untuk weekdays) dan 08.00-22.00 WIB (untuk weekend)

8. Rumah Bunga Cafe

8 Kafe Hits Jawa Timur yang Berada di Tengah Hutan, Asri dan SejukRumah Bunga Cafe (instagram.com/rumahbunga_cafe)

Berada di tengah hutan dan bersebelahan dengan sungai yang jernih, Rumah Bunga Cafe bisa dijadikan salah satu pilihan kafe yang harus kamu kunjungi saat berada di Pasuruan. Sembari menghirup udara yang segar dan menikmati rimbunnya tumbuhan yang ada di hutan ini, kamu bisa melakukan selfie lho! Karena di kafe ini memiliki beberapa spot foto menarik dan instagramable yang bisa kamu coba. 

Beragam menu ditawarkan di kafe ini, mulai dari makanan, camilan ringan, hingga minuman. Untuk makanan berat ada pilihan menu tradisional dan ada juga makanan western. Camilan ringan juga memiliki beragam varian mulai dari bola singkong, bomboloni, sampai sandwich pun ada. Untuk minuman juga terdapat beragam varian dengan pilihan dingin atau panas.

Lokasi: Jl. Raya Nongkojajar, Sawiran, Dawuhan Sengon, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan

Harga menu: mulai dari Rp8 ribu sampai Rp38 ribu

Jam operasional: 09.00-19.00 WIB (weekdays) dan 08.00-20.00 WIB (weekend)

 

Menikmati suasana alam terbuka sambil ngobrol seru bareng pasangan maupun temen ialah hal yang paling menyenangkan. Selain mendapatkan udara segar, nongkrong di kafe dengan pemandangan alam terbuka akan membantu menghilangkan penat. Itulah beberapa kafe di Jawa Timur dengan ide konsep di tengah hutan. 

Baca Juga: 9 Kafe dengan Nuansa Alam di Pasuruan, Cocok Buat Healing

Nisaa Umrotul Khumairoh Photo Community Writer Nisaa Umrotul Khumairoh

Love yourself!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya