Comscore Tracker

6 Satwa Khas yang Bisa Kamu Jumpai Saat Berkunjung ke Alas Purwo

Wisata cocok untuk edukasi anak

Taman Nasional Alas Purwo bisa jadi pilihan saat kamu ingin berwisata alam ke Kabupaten Banyuwangi. Saat memasuki kawasan Alas Purwo, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pohon-pohon besar yang rindang sepanjang perjalanan.

Di Alas Purwo kamu juga bisa mendatangi sejumlah lokasi wisata, mulai dari padang savana Sadengan, situs, pantai hingga hutan mangrove. Alas Purwo sendiri merupakan rumah bagi 700 jenis flora, 50 jenis mamalia, 320 jenis burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil.

Bila kamu beruntung, kamu akan bertemu dengan sejumlah hewan langka. Berikut 6 hewan yang paling mudah dan jarang ditemui saat berkunjung ke Alas Purwo.

1. Merak

6 Satwa Khas yang Bisa Kamu Jumpai Saat Berkunjung ke Alas PurwoMerak di Alas Purwo/Instagram @btn_alaspurwo

Bulan Mei hingga November merupakan musim kawin merak hijau di Taman Nasional Alas Purwo. Burung cantik ini bisa kamu jumpai di beberapa titik, salah satunya padang Savana Sadengan. Di sana, terdapat menara pantau yang memudahkan kamu memantau dari ketinggian. Bahkan, kalau kamu beruntung, kamu bisa menemukan mereka di tepi jalanan kawasan ini.

2. Banteng

6 Satwa Khas yang Bisa Kamu Jumpai Saat Berkunjung ke Alas PurwoBanteng di Alas Purwo/Instagram btn_alaspurwo

Alas Purwo juga menjadi habitat kawanan banteng. Hewan yang satu ini bisa mudah kamu temui di spot Padang Savana Sadengan. Bila beruntung, kawanan Banteng ini juga biasa mendekati pagar pembatas pengunjung, sehingga kamu bisa menyaksikannya lebih dekat. Namun, kamu tidak diperbolehkan menyentuh mereka. 

3. Macan Tutul

6 Satwa Khas yang Bisa Kamu Jumpai Saat Berkunjung ke Alas PurwoMacan tutul yang difoto pengunjung Alas Purwo/Instagram @Rizarastri

Alas Purwo juga masih menjadi rumah yang aman bagi kawanan Macan Tutul (Panthera pardus). Untuk yang satu ini, sangat jarang sekali ada pengunjung yang bisa berjumpa. Bahkan ada yang mengatakan, bila bertemu dengan macan merupakan suatu keberuntungan, apalagi bisa memotretnya.

Alas Purwo memang masih jadi tempat yang alami untuk keberlangsungan macan tutul. Di sana juga terdapat hewan mamalia yang jadi sumber rantai makanannya seperti babi hutan dan kijang.

4. Ajak 

6 Satwa Khas yang Bisa Kamu Jumpai Saat Berkunjung ke Alas PurwoKijang di Alas Purwo/ Instagram @Btn_Alaspurwo

Ajak (Cuon alpinus) atau anjing hutan juga jadi salah satu predator yang dilindungi di Alas Purwo. Populasi Ajak terus dipantau karena jadi salah satu predator Banteng. Bila beruntung kamu juga bisa menyaksikan kawanan Ajak ini.

Memang tidak mudah menemukan Ajak di Alas Purwo. Seperti predator lain, hewan ini cenderung berada di tempat yang jauh dari keramaian kawasan wisata. Tapi bukan tak mungkin kamu bertemu kawanan mereka saat berkunjung ke sana. 

5. Elang Jawa

6 Satwa Khas yang Bisa Kamu Jumpai Saat Berkunjung ke Alas PurwoPadang Savana Alas Purwo/Instagram @Btn_alaspurwo

Hewan lindung lain di Alas Purwo yang bisa kamu jumpai adalah burung Elang Jawa. Burung ini sudah tergolong langka dan terancam punah. Burung dengan nama latin Nisaetus bartelsi ini merupakan jenis karnivora yang masih ada di Alas Purwo, namun sangat jarang ditemui.

6. Kera Ekor Panjang

6 Satwa Khas yang Bisa Kamu Jumpai Saat Berkunjung ke Alas PurwoPadang Savana Alas Purwo/Dok Pemkab Banyuwangi

Hewan langka lain yang bisa ditemui di Alas Purwo adalah kera jenis ekor panjang. Kera ini merupakan jenis hewan yang paling mudah kamu jumpai saat berkunjung ke Alas Purwo. Sebab hampir di sepanjang jalur kawasan Alas Purwo, kamu akan mudah menemukan kawanan ini.

Kera ini biasa bergelantungan di pepohonan, bahkan bermain di tepian jalan. Jadi kamu harus berhati-hati saat melintas di Alas Purwo agar tidak mengganggu habitat mereka.

 

 

Itu tadi 6 hewan langka yang bisa kamu temui di Alas Purwo. Siapkan kameramu untuk mengabadikan kehadiran mereka!

Baca Juga: 7 Warung Makan Terdekat Kawasan Taman Nasional Alas Purwo

Mohamad Ulil Albab Photo Community Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya