Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Pantai Sambil Berburu Ikan Segar di Banyuwangi

Ikannya langsung dari nelayan

Ikan segar memang tersedia di setiap pasar tradisional. Namun, bila kamu ingin jalan-jalan ke pelabuhan atau pantai sekaligus membeli ikan bakar dan ikan segar bisa datang ke sejumlah tempat di Banyuwangi ini. 

Dengan garis panjang pantai mencapai 175 kilometer, Banyuwangi punya beragam pilihan wisata kuliner ikan segar yang bisa kamu nikmati. Berikut 5 tempat mencari segar di Banyuwangi yang bisa dibeli langsung dari para nelayan dan pedagang. Soal harga tentu lebih murah dan kualitas ikan lebih segar.

1. TPI Muncar

5 Tempat Wisata Pantai Sambil Berburu Ikan Segar di BanyuwangiPelabuhan Muncar Banyuwangi. Dok Mohamad Ulil Albab

Muncar jadi salah satu penghasil ikan terbesar di Banyuwangi. Terdapat lebih dari 200 kapal berukuran 30 GT yang digunakan para nelayan untuk mencari ikan lemuru dan tongkol. Tidak hanya penghasil ikan terbesar, Muncar juga menjadi pusat industri pengolahan ikan sarden kualitas ekspor.

Bila kamu mampir di Pelabuhan Muncar, bisa jalan jalan melihat perahu selerek sambil melihat ikan yang baru ditangkap para nelayan. Waktu nelayan menurunkan ikan dari perahu ke pelabuhan rata-rata saat pagi hari.

Kamu bisa langsung membeli ikan ke nelayan dengan harga yang murah, tanpa ditimbang. Namun, kamu harus membawa kantong plastik atau kain sendiri, sebab nelayan tidak menyediakannya.

Selain di lokasi penurunan ikan, kamu bisa membeli di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muncar, meski sedikit lebih mahal, namun harganya masih terbilang murah dan ikannya dijamin segar. 

Muncar memang terkenal sebagai penghasil ikan lemuru. Sebab lokasinya menjadi tempat pertemuan arus Laut Jawa dari arah utara dan Samudra Hindia melalui arah selatan. Kondisi ini menguntungkan karena para nelayan di Muncar tidak terpengaruh gelombang besar yang disebabkan angin barat maupun angin timur.

2. TPI Grajagan

5 Tempat Wisata Pantai Sambil Berburu Ikan Segar di BanyuwangiPedagang Ikan di Pelabuhan Muncar Banyuwangi. Dok Mohamad Ulil Albab

Pantai Grajagan di Kecamatan Purwoharjo, jadi salah satu yang paling terkenal di Banyuwangi. Pantai ini juga dipopulerkan lewat lagu Using lama berjudul Gerajagan Banyuwangi. Tentu selain jadi tempat wisata pantai, di Grajagan juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang menjual aneka ikan tangkapan nelayan.

Di sana, kamu bisa berwisata menikmati keindahan pantai selatan sambil membeli ikan. Sejumlah pedagang di pantai juga menyediakan menu ikan bakar. Pantai Grajagan juga memiliki daya tarik bagi wisatawan mancanegara, karena memiliki ombak yang cocok untuk olahraga selancar.

3. Pulau Santen

5 Tempat Wisata Pantai Sambil Berburu Ikan Segar di BanyuwangiNelayan tangkap ikan di Pulau Santen. Dok Mohamad Ulil Albab

Di kawasan kota Banyuwangi terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Santen, tepatnya di Kelurahan Karangrejo. Warga Pulau Santen memiliki alat tangkap ikan yang khas, yakni jaring tarik sepanjang 500-1000 meter.

Jaring tersebut ditebar di tepi pantai dan ditarik secara gotong royong oleh nelayan dari tepian. Sementara Ibu-ibu bagian mengumpulkan ikan yang terperangkap ke dalam jaring.

Sejumlah ikan yang paling banyak ditangkap yakni Lemuru. Kamu bisa datang langsung sambil menikmati indahnya wisata Pantai Pulau Santen sambil menyaksikan langsung nelayan menangkap ikan. Sebelumnya, kawasan ini sempat dijadikan tempat wisata bernama Pantai Syariah.

4. Pantai Blimbingsari

5 Tempat Wisata Pantai Sambil Berburu Ikan Segar di BanyuwangiPantai Selat Bali. Dok Mohamad Ulil Albab

Pantai Blimbingsari lokasinya sangat dekat dengan Bandara Banyuwangi. Bila kamu di sana, bisa mencoba kuliner ikan bakar segar hasil tangkapan nelayan. Sambil menikmati indahnya selat Bali, kamu bisa memesan ikan bakar di pantai.

Dari dulu, pantai Blimbingsari memang terkenal dengan destinasi wisata yang menyediakan olahan kuliner ikan bakar. Kendati demikian, kamu juga bisa langsung memesan ikan segar dari nelayan di sana.

Jarak tempuh antara Bandara Banyuwangi ke Pantai Blimbingsari hanya sekitar 5 menit dengan kendaraan roda dua atau empat.

Baca Juga: 6 Tempat Gowes di Banyuwangi dari Jalur Santai Hingga Berat

5. Kampung Mandar

5 Tempat Wisata Pantai Sambil Berburu Ikan Segar di BanyuwangiFish Market di Banyuwangi. Dok Mohamad Ulil Albab

Sama seperti Pantai Blimbingsari, kawasan Pantai Kampung Mandar juga menyediakan aneka kuliner ikan bakar. Lokasinya berada di dekat kawasan Pantai Boom. Kamu bisa berwisata di pantai sambil berburu ikan segar di sana.

Kampung Mandar lebih dikenal setelah menjadi tempat Festival Fish Market. Pembeli yang datang bisa memilih langsung ikan segar mulai dari kerapu, kakap, langsung diolah sesuai selera bisa dibakar, goreng dan kukus.

 

Itu tadi 5 pantai di Banyuwangi yang bisa digunakan untuk menikmati ikan segar langsung dari nelayan. Makan ikan sambil menikmati deburan pantai, siapa yang gak mau?

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Bersejarah di Banyuwangi, Liburan Sambil Belajar

Mohamad Ulil Albab Photo Community Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya