Comscore Tracker

6 Rekomendasi Camping Ground di Surabaya dan Sekitarnya

Habiskan akhir tahun dengan camping bareng orang tersayang!

Camping menjadi salah satu opsi kegiatan paling menarik untuk menghabiskan akhir tahun bersama keluarga, teman, maupun orang yang disayang. Selain menambah keakraban, camping juga bisa mendekatkan diri ke alam sekaligus mengistirahatkan diri sejenak dari kesibukan pekerjaan serta hiruk-pikuknya perkotaan.

Nah, buat kamu yang berada di Surabaya dan sedang mencari rekomendasi camping ground paling dekat dengan Kota Surabaya, yuk intip 6 rekomendasi camping ground yang cocok untuk menghabiskan liburan akhir tahunmu berikut ini.

1. Kebun Bibit Wonorejo

6 Rekomendasi Camping Ground di Surabaya dan SekitarnyaCamp ground Kebun Bibit Wonorejo. (Instagram/andiks_kind)

Tempat camping ground dengan nuansa alam di tengah Kota Surabaya yang pertama adalah Kebun Bibit Wonorejo. Meskipun berada di tengah kota, namun lokasi ini memiliki suasana yang asri, sejuk dan luas sehingga sangat cocok untuk tempat camping bareng teman ataupun keluarga.

Selain suasananya yang rindang, Kebun Bibit Wonorejo juga memiliki fasilitas lengkap dan juga area bermain anak yang beragam. Di dalam kebun, juga terdapat danau, jogging track, spot-spot bersantai serta beberapa macam jenis satwa yang terawat dengan baik sehingga dapat dijadikan sebagai tempat liburan sekaligus edukasi untuk anak-anak.

Untuk masuk ke lokasi ini, pengunjung tidak akan ditarik biaya sama sekali alias gratis. Namun, untuk parkir kendaraan, pengunjung perlu mengeluarkan uang Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil. Sementara itu, untuk camping pengunjung akan dikenakan tarif Rp25 ribu saja.

Lokasi: Jalan Raya Wonorejo, Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya.

Baca Juga: 5 Spot Glamping di Jawa Timur, Mirip di Luar Negeri

2. Taman Hutan Raya (TAHURA) Balas Klumprik

6 Rekomendasi Camping Ground di Surabaya dan SekitarnyaCampground Tahura Balas Klumprik (Instagram/f.surabayasehat)

Taman Hutan Raya Balas Klumprik merupakan camping ground terbaru di Surabaya yang diresmikan oleh Tri Rismaharini yang saat itu menjabat sebagai Walikota Surabaya pada tahun 2020, sehingga masih sangat hits. Selain sebagai alternatif camping ground, taman ini juga dapat digunakan untuk piknik maupun bersantai bareng teman atau keluarga.

Fasilitas di Taman Hutan Raya Balas Klumprik juga terbilang cukup lengkap mulai dari toilet hingga wisata kuliner yang beragam. Di tengah taman, terdapat danau yang menyediakan perahu berbentuk bebek yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengelilingi danau hanya dengan membeli bibit lele Rp10 ribu saja.

Selain itu, terdapat pula beberapa sarana olahraga serta playground anak yang cukup beragam seperti perosotan, ayunan dan lain sebagainya. Tiket masuk ke lokasi ini gratis, namun pengunjung perlu membayar Rp3 ribu untuk parkir kendaraan.
Lokasi: Jl. Balas Klumprik, Balas Klumprik, Kec. Wiyung, Kota Surabaya.

3. Camping Ground Hotel Singgasana

6 Rekomendasi Camping Ground di Surabaya dan SekitarnyaSuasana Camp Ground Singgasana Hotel. (Singgasanahotels.com)

Masih berada di tengah kota Surabaya, Hotel Singgasana memiliki taman tropis seluas 15 hektare yang cocok untuk dijadikan alternatif camping ground di tengah kota dengan suasana asri nan sejuk. Tempatnya yang nyaman dan rindang akan membuat pengunjung seolah merasakan suasana pegunungan yang pastinya akan betah berlama-lama di tempat ini.

Selain sebagai tempat camping, taman ini juga memiliki banyak wahana outbound yang cocok untuk anak-anak maupun keluarga. Untuk bisa camping di Camping Ground Hotel Singgasana, pengunjung perlu membayar paket camping Rp150 ribu per orang dengan minimal peserta camping adalah 10 orang.

Lokasi : Hotel Singgasana, Jl. Golf 1 Surabaya, Gn. Sahari, Kec. Dukuhpakis, Kota Surabaya.

4. Kakek Bodo Campground

6 Rekomendasi Camping Ground di Surabaya dan SekitarnyaKakek Bodo Campground (Instagram/pesona.airterjun)

Kakek Bodo Campground merupakan area hutan pinus dengan destinasi wisata alam berupa air terjun dan mata air alami. Berlokasi di Pasuruan, pengunjung yang berasal dari Surabaya perlu berkendara sejauh 66,2 km atau 1 jam 41 menit lewat Jl. Raya Pantura atau Jl. Tol Surabaya – Gempol atau Jl. Tol Surabaya – Porong.

Meskipun suasananya benar-benar alami, namun pengunjung tidak perlu khawatir dengan fasilitas di camping ground satu ini. Pasalnya, fasilitas di tempat ini terbilang sangat lengkap mulai dari kamar mandi hingga warung-warung yang menjual makanan, minuman, serta camilan.

Banyaknya warung di tempat ini juga akan memudahkan para camper yang tidak membawa peralatan masak atau sedang tidak ingin memasak. Untuk bisa berkemah di lokasi camping ground ini, pengunjung akan dikenakan tarif Rp20 ribu saja per orang untuk satu malam.


Lokasi: Jl. Taman Wisata No.541, Area Sawah/Kebun, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan.

5. Pulau Bawean

6 Rekomendasi Camping Ground di Surabaya dan SekitarnyaSuasana Pulau Bawean sore hari. (Instagram/marsheldotcom)

Pulau Bawean merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Gresik namun cukup dekat dari Surabaya. Dari Surabaya, pengunjung hanya perlu berkendara sejauh 22,7 km atau 49 menit ke Pelabuhan Gresik lewat Jl. Tol Surabaya – Gresik. Dari pelabuhan, pengunjung perlu naik kapal selama 3-4 jam (80 mil laut) untuk sampai ke Pulau Bawean.

Pulau ini terkenal eksotis dan memiliki banyak destinasi wisata antara lain mata air panas, air terjun, gua serta pantai yang berpasir putih. Namun, area camping yang paling favorit bagi pengunjung adalah pantainya. Pasalnya, pantai ini memiliki pemandangan sunset dan sunrise yang sangat indah.

Untuk naik kapal ke Pulau Bawean, kamu perlu menyiapkan uang Rp150 ribu. Namun, untuk campingnya kamu tidak akan dipungut biaya apapun. Karena minimnya penjaja makanan, akan lebih baik jika kamu membawa bekal sendiri dari rumah atau membawa peralatan dan perlengkapan memasak sendiri.

Lokasi: 120 km di utara Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Camping Ground di Blitar, Lereng Gunung Sampai Pantai

6. Alas Pelangi

6 Rekomendasi Camping Ground di Surabaya dan SekitarnyaSuasana Camping Alas Pelangi. (Instagram/alaspelangi_trawas)

Camping dekat Surabaya dengan suasana hutan pinus yang sejuk dan asri dapat kamu rasakan dengan mengunjungi Alas Pelangi yang berada di Pasuruan. Untuk sampai ke lokasi ini, pengunjung perlu berkendara sejauh 60,7 km atau selama 1 jam 44 menit dari Surabaya lewat Jl. Raya Pantura atau Jl. Tol Surabaya – Gempol atau Jl. Tol Surabaya – Porong dan Jl. Raya Surabaya – Malang.

Alas Pelangi memiliki daya tarik berupa wisata hutan pinus, spot foto, pemandangan Gunung Welirang, serta pemandangan kawasan Mojosari. Pecinta durian juga bisa mencicipi buah durian yang dijajakan oleh penjual makanan di tempat tersebut.
Selain fasilitas yang lengkap dan pemandangan yang indah, Alas Pelangi juga mampu menampung hingga ratusan camper yang ingin menghabiskan malam di tempat ini. Untuk masuk ke area Alas Pelangi, pengunjung akan diminta membayar retribusi yaitu Rp10 ribu per orang. Sementara itu, retribusi camping yaitu Rp15 ribu per orang.


Lokasi: Jl. Trawas – Mojosari No.32-19, Cembor, Trawas, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto.


Ternyata, selain dikenal sebagai kota metropolitan, Surabaya juga punya tempat camping tengah kota ya! Jadi, tidak perlu ragu jika ingin berkunjung sekaligus berwisata ke Surabaya. Langsung saja rencanakan acara camping akhir tahunmu.

Baca Juga: 6 Tempat Camping Ground di Banyuwangi dengan Pemandangan Indah

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya