Comscore Tracker

Tempatnya Healing, 6 Destinasi Wisata Keluarga di Kota Batu 

Cocok untuk melepas penat bersama keluarga

Sejak zaman Belanda, wilayah Malang Raya, terutama Kota Batu sudah dikenal sebagai salah satu tempat mengilangkan penat alias healing. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa tempat wisata yang sudah beroperasi sejak sebelum Indonesia merdeka. Kian lama, pilihan wisata di kota ini pun makin banyak. 

Berikut 6 rekomendasi wisata keluarga yang ada di Kota Batu. 

1. Taman Rekreasi Selecta

Tempatnya Healing, 6 Destinasi Wisata Keluarga di Kota Batu Wisata Selecta tetap ramai dikunjungi wisatawan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Taman Rekreasi Selecta merupakan salah satu wahana wisata keluarga legendaris yang ada di Kota Batu. Taman wisata ini sudah mulai beroperasi sekitar tahun 1928 atau sejak Indonesia masih berada di bawah pemerintahan kolonial Belanda. Berada di kawasan Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Taman Rekreasi Selecta sangat mudah untuk dijangkau karena hanya berjarak 13 kilometer dari pusat kota.

Buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Cukup banyak wahana wisata yang tersedia mulai dari kolam pemandian, taman bunga, bianglala dan beberapa lainnya. Untuk bisa merasakan berwisata di Taman Rekreasi Selecta, wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp35.000 per orang. 

2. Jawa Timur Park 1

Tempatnya Healing, 6 Destinasi Wisata Keluarga di Kota Batu Instagram/jatimparksatu

Destinasi wisata keluarga berikutnya yang patut untuk dikunjungi adalah Jawa Timur Park 1. Berada di Jl Kartika, No. 2, Sisir, Kota Batu, Jatim Park 1 merupakan salah satu destinasi favorit wisata keluarga. Fasilitas yang tersedia di Jatim Park 1 cukup lengkap, mulai dari wahana pengetahuan, permainan anak-anak, kolam renang hingga restoran tersedia.

Saat pulang, wisatawan juga tak perlu khawatir mencari oleh-oleh. Jawa Timur Park 1 menyiapkan pasar oleh-oleh yang bisa menjadi tujuan bagi para wisatawan. Buka setiap hari mulai pukul 08.30-16.30 WIB, wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp85.000 untuk hari kerja dan Rp100.000 untuk akhir pekan jika ingin menikmati berwisata di Jatim Park 1. 

3. Batu Night Spectacular (BNS)

Tempatnya Healing, 6 Destinasi Wisata Keluarga di Kota Batu instgram/batunightspectaculer

Berikutnya ada Batu Night Spectacular atau biasa dikenal dengan sebutan BNS yang bisa menjadi pilihan untuk wisata keluarga. Beroperasi setiap hari mulai pukul 15.00-22.00 WIB, BNS memang lebih menekankan wisata pada malam hari.

Berbagai wahana wisata tersedia mulai dari lampion garden, trampoline, cinema 4D hingga beberapa wahana lain mulai drag race, mouse coaster dan beberapa lainnya juga bisa menjadi pilihan bagi wisatawan. Untuk bisa masuk ke BNS, wisatawan hanya perlu mengeluarkan Rp40.000 hingga Rp110.000. 

4. Jawa Timur Park 2

Tempatnya Healing, 6 Destinasi Wisata Keluarga di Kota Batu instagram.com/nancy_puspitasari

Satu lagi pilihan destinasi wisata keluarga yang bisa jadi pilihan adalah Jatim Park 2. Berada di Jl Oro-Oro Ombo No.9, Kota Batu, Jatim Park 2 termasuk berada di kawasan perbukitan yang cukup tinggi. Hal itu membuat Jatim Park 2 memiliki hawa sejuk dan sangat cocok menjadi tujuan wisata bagi keluarga.

Wahana wisata yang tersedia juga cukup lengkap mulai dari museum satwa, kebun binatang hingga tempat bermain bagi anak-anak juga tersedia. Untuk bisa menikmati berwisata di Jatim Park 2, masyarakat harus menyiapkan biaya mulai Rp110.000. Jatim Park 2 sendiri beroperasi setiap hari mulai pukul 08.30-16.30 WIB. 

5. Batu Love Garden

Tempatnya Healing, 6 Destinasi Wisata Keluarga di Kota Batu Taman bermain yang disediakan pada zona outdoor di Baloga. IDN Times/Alfi Ramadana

Satu lagi destinasi wisata keluarga yang cukup direkomendasikan adalah Batu Love Garden. Berada di jl Raya Pandanrejo No. 91, Bumiaji, wisata ini Cukup mudah dijangkau oleh turis lantaran berada di jalur alternatif menuju Kota Batu.

Buka setiap hari mulai pukul 08.30-16.30 WIB, Batu Love Garden memiliki dua bagian, yakni sisi indoor dan outdoor. Setiap akhir pekan, Batu Love Garden juga memiliki acara tambahan yakni festival bunga yang tentu sangat cocok untuk keluarga. Harga tiket yang dipatok juga cukup terjangkau yakni Rp60.000 untuk hari kerja dan Rp80.000 untuk akhir pekan. 

Baca Juga: Sejak Dibuka, Kunjungan ke Jatim Park Naik Hingga 60 Persen  

6. Jawa Timur Park 3

Tempatnya Healing, 6 Destinasi Wisata Keluarga di Kota Batu Instagram/dinopark.jtp3

Berikutnya ada Jatim Park 3 yang bisa menjadi pilihan untuk destinasi wisata keluarga. Berada di jalur Malang-Batu yakni di Jl Ir Soekarno No.143, Beji, Kota Batu membuat Jatim Park 3 mudah dijangkau dari berbagai sisi.

Wahana yang lengkap bisa menjadi pilihan yang cocok bagi wisata keluarga. Beberapa wahana yang tersedia mulai Dino Park, Museum Musik, The Rimba, Aquarium 4 Dimensi, Millenial Glow Garden dan beberapa wahana lain. Buka setiap hari mulai pukul 11.00-20.00 WIB. Harga tiket yang ditawarkan juga cukup terjangkau yakni mulai Rp40.000 hingga Rp120.000. 

Baca Juga: Nol Pemasukan, Jatim Park Group Babak Belur Bertahan 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya