TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dosen Unesa Kenalkan Aplikasi Arsip Digital ke SMK Surabaya

Masih banyak guru SMK yang belum menguasai arsip digital

Dosen Unesa saat memberikan pelatihan kepada guru SMK Tunas Wijaya Surabaya. dok. Unesa.

Surabaya, IDN Times - Kegiatan penyimpanan barang termasuk dokumen yang juga dikenal dengan pengarsipan kian berkembang. Di tengah kemajuan teknologi saat ini, proses pengarsipan pun dilengkapi dengan aplikasi. Hal ini tentunya akan membuat arsiparis dengan mudah menyimpan serta mencari lagi arsipnya apabila dibutuhkan.

Baca Juga: Dosen Unesa, Kuliah Sambil Jadi Relawan Pengungsi Ukraina di Polandia

1. Aplikasi arsip digital penunjang perkantoran

Pexels.com/Mike

Dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Durinta Puspasari mengatakan, aplikasi arsip digital memang menjadi penunjang penerapan arsip elektronik atau e-filling di perkantoran. Maka dari itu, siswa maupun mahasiswa perkantoran dituntut menguasai keterampilan ini.

"Karena e-filling sudah marak digunakan, maka di dunia pendidikan menyesuaikan kurikulumnya untuk mengajarkan tentang aplikasi arsip digital ini," ujarnya kepada IDN Times, Minggu (31/7/2022).

2. Masih banyak guru jurusan perkantoran di SMK yang tak menguasai arsip digital

richardtech.net

Sayangnya, sambung Rinta--sapaan karibnya-, kebutuhan di dunia kerja belum diimbangi dengan di dunia pendidikan. Diketahui masih belum banyak guru yang mahir dalam menjalankan aplikasi arsip digital untuk menunjang proses arsip elektronik atau e-filling.

Maka dari itu, Rinta bersama tiga dosen lainnya, Jaka Nugraha, Triesninda Pahlevi dan Siti Sri Wulandari memberi pelatihan di SMK Tunas Wijaya. "Kami lakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ke guru SMK Tunas Wijaya Surabaya, kami berikan pemahaman serta pelatihan soal aplikasi arsip digital," kata dia.

Baca Juga: Dosen Unesa Manfaatkan Kodular untuk Mengajar

Berita Terkini Lainnya