Jenazah Terakhir Korban Insiden Perahu Terbalik di Brantas Ditemukan

Ditemukan sekitar 25 kilometer dari tempat kejadian

Jombang, IDN Times - Tim SAR gabungan akhirnya menemukan jenazah terakhir korban perahu terbalik di Sungai Brantas, Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Rabu (4/3). Jenazah berjenis kelamin perempuan itu ditemukan di wilayah Desa Kepuhdoko, Tembelang, Kabupaten Jombang atau sekitar 25 kilometer dari lokasi tenggelam.

1. Korban dikenali berdasar jaket berwarna merah yang ia pakai

Jenazah Terakhir Korban Insiden Perahu Terbalik di Brantas DitemukanRuang jenazah RSUD Jombang. IDN Times/zainul arifin

Jenazah tersebut ditemukan sudah mengapung di permukaan air. Tim SAR gabungan kemudian mengevakuasi ke daratan dan membawanya ke ruang jenazah RSUD Jombang untuk diidentifikasi. Hasilnya, ciri-ciri jenazah tersebut sesuai dengan penumpang perahu terbalik atas nama Anista Sugandis, warga Dusun Klaci, Desa Brodot, Bandar Kedungmulyo, Jombang.

"Mayat yang ditemukan di tambangan Kepuhdoko, Tembelang, berjenis kelamin perempuan. Dilihat dari jaket yang dipakai berwarna merah, korban dinyatakan bernama Anista Sugandis," terang Komandan Tim Basarnas Surabaya Novix ditemui di di RSUD Jombang.

2. Total empat korban yang meninggal pada insiden perahu terbalik di Sungai Brantas

Jenazah Terakhir Korban Insiden Perahu Terbalik di Brantas DitemukanJenazah korban Septi saat di ruang jenazah RSUD Jombang. IDN Times/zainul arifin

Anista Sugandis merupakan korban terakhir insiden perahu terbalik di Sungai Brantas. Dia adalah anak dari Sukar (54), salah satu penumpang yang selamat dari musibah tersebut.

Dengan demikian, total korban meninggal pada kecelakaan sungai itu sebanyak empat orang. Selain Anista, ketiga korban lain yang ditemukan tewas adalah Surip (45), asal Dusun Klaci, Desa Brodot; Dadang (22), asal Desa Ngrombot, Patianrowo, Kabupaten Nganjuk; dan Lutvy Dwi Septina alias Septi (23) asal Desa Pacar Peluk, Kecamatan Mengaluh, Kabupaten Jombang.

Tim SAR menemukan jenazah Surip dan Dadang di wilayah Megaluh, Senin (2/3). Sedangkan Lutvy ditemukan pada Selasa (3/3), di wilayah Kesamben atau sekitar 20 kilometer dari lokasi kejadian.

Baca Juga: Dua Penumpang Perahu Terbalik di Sungai Brantas Ditemukan Meninggal 

3. Operasi tim SAR resmi ditutup

Jenazah Terakhir Korban Insiden Perahu Terbalik di Brantas DitemukanPencarian penumpang perahu yang terbalik di sungai brantas Jombang. Dok IDN Times/zainul arifin

Setelah ditemukan korban terakhir, Tim SAR akan mengevaluasi proses kegiatan pencarian. Setelah itu, operasi SAR ditutup.

"Yang jelas, setelah penemuan korban atas nama Anista kami akan evaluasi lalu mengakhiri seluruh operasi SAR gabungan," tandas Novix.

Seperti diberitakan IDN Times sebelumnya, perahu penyeberangan yang mengangkut enam orang beserta tiga sepeda motor terbalik di Sungai Brantas. Dua orang penumpang berhasil selamat. Yaitu Ferdiansyah (25), warga Dusun Sentanan, Desa Ngrombot, Kecamatan Patianrowo, Nganjuk; dan Sukar (54), warga Dusun Klaci, Desa Brodot, Kecamatan BandarKedungmulyo, Jombang.

Baca Juga: Perahu Terbalik di Jombang, Begini Kesaksian Penumpang yang Selamat

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya