Antisipasi Corona, Kantor Pemkab Jombang Terapkan Akses Satu Pintu

Sebelum masuk, seluruh orang dicek suhu tubuhnya

Jombang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang melakukan sterilisasi dan menerapkan satu pintu masuk ke kantor di Jalan KH Wahid Hasyim, Jombang. Penerapan akses satu pintu tersebut sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona yang hingga Jumat petang (20/3), sudah ada 15 penderita di Jatim.

"Mulai hari ini kami terapkan satu pintu masuk ke kantor Pemkab untuk antipasi sebaran virus corona," kata Sekretaris daerah Kabupaten Jombang Akhmad Jazuli dihubungi IDN Times, Jumat sore (20/3).

1. Tamu dan pegawai yang masuk diperiksa suhu tubuhnya

Antisipasi Corona, Kantor Pemkab Jombang Terapkan Akses Satu PintuDepan pintu masuk kantor Pemkab Jombang. IDN Times/zainul arifin

Pantauan IDN Times di lokasi, untuk masuk di gedung pemerintahan tersebut harus melalui jalur lobi utama gedung yang berada di samping selatan. Aturan itu diberlakukan untuk seluruh pegawai dan tamu yang hendak masuk ke perkantoran pemerintah.

Sebelum masuk, baik tamu maupun pegawai, disambut sejumlah petugas yang berada di dalam gedung. Petugas itu kemudian melakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan alat thermal gun. Jika suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, maka orang tersebut tidak diperkenankan masuk.

"Semua tamu dan pegawai yang masuk ke kantor pemkab akan dicek suhu tubuhnya oleh petugas," ujar Jazuli.

2. Jalur alternatif ditutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan

Antisipasi Corona, Kantor Pemkab Jombang Terapkan Akses Satu PintuPintu alternatif di sebelah timur (belakang) ditutup. IDN Times/zainul arifin

Sebelum ada wabah Covid-19, ada beberapa jalur alternatif untuk masuk ke perkantoran pemerintah tersebut. Bisa melalui pintu samping selatan, timur, dan belakang. Saat ini, jalur-jalur alternatif itu ditutup sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

"Belum bisa memastikan (jalur alternatif dibuka). Tindakan preventif ini menjadi penting, sehingga kini bisa melakukan pendeteksian kepada siapa saja yang keluar masuk di area perkantoran," tambahnya.

Baca Juga: Pabrik Masker di Jombang Mampu Produksi 300 Ribu Lembar Tiap Hari

3. Diwajibkan cuci tangan menggunakan hand sanitizer

Antisipasi Corona, Kantor Pemkab Jombang Terapkan Akses Satu PintuSekdakab Jombang Akhmad Jazuli. IDN Times/zainul arifin

Jazuli menyampaikan, selain mengecek suhu tubuh, Pemkab Jombang juga menyediakan hand sanitizer. Pembersih tangan itu disediakan pada sejumlah lokasi strategis dan pelayanan publik pada tiap lantai gedung bertingkat tiga tersebut.

"Di pintu masuk diharuskan untuk cuci tanga dengan alkohol sanitasi yang telah disiapkan," ujarnya.

Jazuli berpesan agar semua tamu dan pegawai yang masuk pemkab mematuhi aturan akes satu pintu tersebut. Selain itu, dia juga meminta agar seluruh pegawa pemkab menerapkan perilaku hidup  bersih dan sehat (PHBS).

Baca Juga: Bikin Resah Warga, Satpol PP Jombang Amankan Delapan Anjal di Musala

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya