Kronologi Ledakan Rakitan Petasan Balon Udara di Ponorogo

Ledakan dipicu rokok korban yang menyulut mesiu di toples

Ponorogo, IDN Times - Seorang remaja berusia 13 tahun bernama Pesona Arya Ramadhani asal Desa Blemben, Kecamatan Jambon, Ponorogo, Jawa Timur, menjadi korban ledakan petasan balon udara. Korban harus dirawat di RSUD Dr. Harjono karena luka bakar. Lalu, bagaimana kronologi lengkap kejadian yang sudah dua kali dalam sepekan ini? Simak selengkapnya.

1. Pemicu ledakan rokok yang dipegang korban

Kronologi Ledakan Rakitan Petasan Balon Udara di PonorogoPolisi memasang police line di lokasi petasan meledak di desa Belembem Kecamatan Jambon Ponorogo. IDN Times/ Riyanto

Peristiwa ini terjadi pada Selasa (14/5/2024) tengah malam. Korban bersama beberapa rekannya tengah berada di rumah milik Bu Lasmi di Dusun Duku, Desa Blemben, meracik petasan yang akan ditambatkan pada balon udara yang mereka temukan beberapa waktu lalu.

Saat tengah meracik petasan, rokok yang dipegang Pesona Arya menyulut bubuk petasan hingga akhirnya meledak. Ledakan tersebut mengakibatkan Pesona Arya mengalami luka bakar di wajah, mata sebelah kanan, dada, punggung, dan tangan.

Selain Pesona Arya, seorang remaja lain bernama Alfiansyah Dimas (14) juga mengalami luka. Namun hanya luka ringan.

Baca Juga: Gak Kapok! Ledakan Balon Udara di Ponorogo Kembali Lukai Dua Remaja

2. Korban alami luka bakar 12 persen

Kronologi Ledakan Rakitan Petasan Balon Udara di PonorogoSebuah petasan meledak di Dusun Dukuh, Desa Blembem, Kecamatan Jambon, Ponorogo, pada Selasa malam (14/5/2024). IDN Times/ Istimewa

Menurut dr. Amanda Tery, dokter jaga UGD RSUD Dr. Harjono Ponorogo, tempat koran dirawat usai kejadian, kondisi Pesona Arya saat ini sudah mulai membaik dan sadar diri.

"Korban alami luka bakarnya mencapai sekitar 12%, dengan luka terparah di bagian punggung," kata dr. Amanda, Rabu (15/5/2024).

Sementara itu berdasarkan keterangan Kasun Duku, Suparno, bahwa para remaja tersebut meracik petasan untuk nantinya ditambatkan pada balon udara.

"Balon udara ini rencananya akan diterbangkan pagi tadi. Petasan dan balon udara tersebut kini telah diamankan oleh pihak kepolisian ya," ujar Suparno.

3. Polisi mengamankan barang bukti dan meminta keterangan saksi

Kronologi Ledakan Rakitan Petasan Balon Udara di PonorogoSebuah petasan meledak di Dusun Dukuh, Desa Blembem, Kecamatan Jambon, Ponorogo, pada Selasa malam (14/5/2024). IDN Times/ Istimewa

Hingga Rabu petang ini, pihak kepolisian dari Polres Ponorogo dan Polsek Jambon masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dan mengamankan barang bukti, termasuk ratusan petasan berbagai ukuran.

Pihak kepolisian saat dimintai keterangan juga belum memberikan statmen dengan alasan masih dalam penyelidikan dan memintai keterangan saksi-saksi yang mengetahui peristiwa tersebut.

Baca Juga: Balon Udara Berisi Petasan Meledak di Ponorogo, 4 Orang Terluka

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya