Warga Tangkap Ikan Mabuk di Kalimas, Ada yang Dapat Sekarung

Apakah ada hubungannya dengan limbah di Kalidami?

Surabaya, IDN Times - Sejumlah warga di Surabaya berbondong-bondong menangkap ikan di Sungai Kalimas Surabaya, Selasa (2/7/2022). Ikan-ikan itu mudah ditangkap dengan mudah karena dalam kondisi mabuk. Salah satu warga, Ari mengatakan, ia awalnya hanya memancing di Sungai Kalimas dekat Taman Prestasi. Namun, tiba-tiba ia melihat banyak ikan mabuk di sungai tersebut. "Ya sudah saya ambil ikan," ujar Ari.

1. Ada warga yang dapat sekarung ikan

Warga Tangkap Ikan Mabuk di Kalimas, Ada yang Dapat SekarungSejumlah warga menangkap ikan mabuk di Kalimas dengan mudah, Selasa (2/8/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Warga lain, Putra mengaku senang dengan adanya fenomena tersebut karena mendapat ikan cukup banyak. "Ini kesempatan, karena gak mesti seperti ini," ujar warga Gubeng tersebut.

Putra sendiri mencari ikan tersebut kurang lebih hampir 3 jam lamanya. Ia pun mendapat lebih dari satu karung ikan. "(Ikannya) untuk dimakan, tapi kalau ada yang beli ya kita jual, ini tadi ada yang beli," ungkapnya. Jenis ikan yang ia dapatkan juga beragam, mulai mujair, nila, hingga keting.

2. Pemkot pastikan ikan mabuk bukan karena pencemaran di Sungai Kalidami

Warga Tangkap Ikan Mabuk di Kalimas, Ada yang Dapat SekarungSejumlah warga menangkap ikan mabuk di Kalimas dengan mudah, Selasa (2/8/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Sementara itu, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya, Ridwan Mubahrun mengatakan, ikan mabuk di sungai Kalimas itu tidak ada kaitannya dengan busa di Sungai Kalidami. Ikan mabuk tersebut lantaran pintu air di Kalimas dibuka lebar. "Ada pergantian air, sehingga ikan-ikan itu kaget, mereka kaget agak sedikit mabuk, akhrinya banyak (ikan) yang menepi," sebutnya.

"Ada pergantian air di pintu air Kalimas dekat Delta itu, jadi ikannya kaget," ujarnya saat dihubungi. Ridwan juga menjelaskan, ikan tesebut layak dikonsumsi. Sebab, ikan mabuk bukan karena teracuni. "Tapi ikannya gak berbahaya, biasanya mancing di situ juga. Cuma keselamatan yang kita jaga. Terutama anak-anak yang kita halau," pungkasnya.

Baca Juga: Busa Tebal di Sungai Kalidami Surabaya karena Limbah Domestik

3. Sempat ada kekhawtiran ikan tercemar limbah dari Kalidami

Warga Tangkap Ikan Mabuk di Kalimas, Ada yang Dapat SekarungRumah pompa Bosem Kalidami Surabaya. (IDN Times/Khusnul Hasana

Diberitakan sebelumnya, rumah pompa Bozem Kalidami, Surabaya mengeluarkan busa tebal, Selasa (2/8/2022) pagi. Busa tebal itu sempat berterbangan hingga ke pemukiman warga.

Operator pompa, Bambang mengatakan busa-busa tersebut memang sering kali keluar saat pompa dinyalakan pada musim kemarau. Sering kali busa tersebut membumbung hingga terbang mengenai rumah warga.

"Kita sering diprotes warga, karena busanya terbang-terbang sampai ke rumah-rumah warga," ujarnya saat ditemui di rumah Pompa.

Sementara ketika saat pemompaan dilakukan pada musim hujan, rumah pompa tidak mengeluarkan busa.

Baca Juga: Keseruan Warga Lamongan Berburu Ikan 'Mabuk' di Bengawan Solo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya