Beli Minyak Pakai PeduliLindungi, Pedagang di Surabaya: Ribet!

Mboh wes, pokoke awuren!

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surarbaya berencana menerapkan aplikasi PeduliLindungi untuk pembelian minyak goreng curah di Pasar sesuai kebijakan pemerintah pusat. Sejumlah pedagang di Pasar tradisional mengaku merasa keberatan.

1. Pedagang mengaku belum tahu kebijakan beli migor pakai PeduliLindungi

Beli Minyak Pakai PeduliLindungi, Pedagang di Surabaya: Ribet!Kapolri, Jendral Listyo Sigit Purnomo saat mengunjungi Pasar Wonokromo Surabaya, Sabtu (26/3/2022). (dok. Humas Polda jatim)

Salah satu pedagang yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, belum tahu tentang wacana penerapan PeduliLindungi di Pasar Wonokromo. Belum ada pemberitahuan apapun terkait hal tersebut.

"Gak tahu, belum dikasih tahu pemerintah," ujarnya saat ditemui IDN Times, Jumat (1/7/2022). Ia mengaku mendapatkan informasi rencana penerapan PeduliLindungi dari pemberitaan media. Menurutnya, kebijakan tersebut tidak masuk akal.

Baca Juga: Pembelian Migor pakai PeduliLindungi Bakal Diuji Coba di Surabaya

2. PeduliLindungi menyulitkan pembeli

Beli Minyak Pakai PeduliLindungi, Pedagang di Surabaya: Ribet!aplikasi PeduliLindungi (youtube.com/ PeduliLindungi)

Salah satu pedagang, Vivi (38) mengatakan, penerapan PeduliLindungi untuk membeli minyak goreng dirasa cukup menyulitkan pembeli dan penjual. Terutama pembeli lansia yang kebanyakan belum bisa mengoperasikan Handphone.

"Ribet, kalau mereka (pembeli) tidak bawa HP terus kita gimana, masak mau nyuruh mereka pulang, ya kita kan gak dapat pembeli, rugi kita," ujarnya.

3. Pembeli minyak goreng sepi

Beli Minyak Pakai PeduliLindungi, Pedagang di Surabaya: Ribet!ilustrasi minyak goreng curah (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Apalagi, euforia pembeli minyak goreng tak seperti dulu. Pembeli minyak goreng saat ini cenderung sepi.

"Saiki sepi seng tuku minyak gak koyok mbiyen, (sekarang sepi yang beli minyak, tidak seperti dulu). Minyak curah yang beli kebanyakan dari pedagang, kalau kemasan yang beli ibu rumah tangga," katanya. 

Baca Juga: Kemendagri Dukung Beli Migor Curah Pakai NIK atau PeduliLindungi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya