Bayi Diduga Terjangkit Hepatitis, Dirut RSUD Dr Soetomo: Kami Periksa

Hasil pemeriksaan keluar hari ini

Surabaya, IDN Times - Bayi 10 bulan diduga terjangkit hepatitis dan sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo. Namun, pihak rumah sakit belum bisa memastikan apakah bayi teresebut terjangkit hepatitis akut atau bukan.

1. Dirut RSUD Dr Soetomo belum bisa memastikan apa yang diderita bayi tersebut

Bayi Diduga Terjangkit Hepatitis, Dirut RSUD Dr Soetomo: Kami PeriksaDirut RSUD Dr Soetomo Joni Wahyuhadi saat konferensi pers, Senin (27/1). IDN Times/Fitria Madia

Direktur RSUD Dr Soetomo, Joni Wahyuhadi mengatakan, pihaknya masih belum bisa mengatakan apakah bayi tersebut terjangkit hepatitis akut atau bukan. Meski begitu, ia meminta masyarakat untuk tidak mengaitkan penyakit tersebut dengan hepatitis akut.

"Jangan dikaitkan dulu sebelum ada penjelasan dari Kementerian Kesehatan," ujar dr Joni, Minggu (9/5/2022).

2. Bayi bergejala kuning

Bayi Diduga Terjangkit Hepatitis, Dirut RSUD Dr Soetomo: Kami PeriksaIlustrasi hepatitis c (healtheuropa.eu)

Sejuah, ini gejala penyakit yang ada pada bayi tersebut adalah gejala kuning. Namun, dirinya masih belum bisa memastikan penyakit tersebut.

Ia menuturkan, saat ini pihaknya sedang mencari tau apakah bayi tersebut sedang terjangkit hepatitis atau bukan. Mengingat, hepatitis bukan hanya ada satu jenis, melainkan ada beberapa jenis hepatitis.

"Hepatitis kan ada A B C D, penyakit kuning kan belum tentu hepatitis," tuturnya.

Baca Juga: Bergejala Mirip Hepatitis, Bocah 7 Tahun di Tulungagung Meninggal

3. Hasil pemerikasaan akan keluar hari ini

Bayi Diduga Terjangkit Hepatitis, Dirut RSUD Dr Soetomo: Kami Periksailustrasi hepatitis (flickr.com/Jernej Furman)

Bayi tersebut, sudah berada di RSUD Dr Soetomo selama dua hari. Hasil pemerikasaan pada bayi tersebut akan keluar pada hari ini, Senin (9/4/2022).

"Untuk B C A atau E belum keluar hasilnya, itu perlu waktu karena itu pemerikasaan serologi, paling Senin ini keluar," pungkas dr Joni.

Pihaknya akan segera menyampaikan hasil pemeriksaan tersebut kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur. Nantinya, Dinkes akan menyampaikan kepada Gubernur untuk kemudian disampaikan kepada Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Spesialis Hepatitis Dr Soetomo: Hepatitis Anak Tak Pernah Parah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya