222 Perusahaan di Surabaya Akan Buka Lowongan di Situs Disnaker

Gass powl rek !

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 222 Perusahaan di Surabaya akan membuka lowongan kerja di laman pencarian kerja, Arek Suroboyo Siap Kerjo (ASSIK), laman tersebut bisa diakses https://disnaker.surabaya.go.id/assik. 222 perusahaan tersebut telah bergabung dengan fitur ASSIK untuk membuka lowongan kerja.

1. Ada 117 lowongan aktif di laman ASSIK

222 Perusahaan di Surabaya Akan Buka Lowongan di Situs Disnakerilustrasi cari lowongan pekerjaan (pexels.com/Ron Lach)

Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji mengajak warga Kota Surabaya sekaligus para pencari kerja untuk dapat mengoptimalkan laman ASSIK sebagai jembatan antara pencari kerja dan perusahaan. sebab, dalam laman tersebut sudah ada 117 lowongan aktif dan 3677 pencari kerja. Dilanjutkan dengan kegiatan Link and Match ASSIK yang diselenggarakan pada 24 Juni 2022 di Balai Pemuda Kota Surabaya dimulai pulul 07.30 - 17.00 WIB.

"Disnaker telah menyiapkan, jadi ini dua arah tidak hanya bagi pencari kerja. Perusahaan pemberi kerja yang ada di Kota Surabaya juga kami ajak berpartisipasi melalui ASSIK, kita optimalkan digitalisasi lebih efisien", kata Armuji

2. Pandemik COVID-19 membuat kesempatan kerja alami kontraksi

222 Perusahaan di Surabaya Akan Buka Lowongan di Situs DisnakerIDN Times/Istimewa

Dirinya menyebutkan, akibat pandemik COVID-19, tingkat kesempatan Kerja di Kota Surabaya mengalami kontraksi. Dimana pada tahun 2018 sebesar 93,99 persen , tahun 2019 sebesar 94,24 persen dan tahun 2020 sebesar 90,21 persen. Namun di sisi lain tingkat partisipasi angkatan kerja meningkat setiap tahunnya pada tahun 2018 sebesar 67,27 persen , tahun 2019 sebesar 68,76 persen dan tahun 2020 sebesar 68,05 persen.

"Kebutuhan pekerjaan setiap tahunnya meningkat sehingga kita berupaya untuk memutus alur bagi pencari kerja yang begitu panjang dengan memanfaatkan kemajuan tekonologi informasi, jadi di bypass rantai birokrasinya," tegas mantan Ketua DPRD Kota Surabaya itu.

Baca Juga: 5 Lowongan Pekerjaan di Perguruan Tinggi Terkini, Gak Hanya Dosen Lho!

3. Armuji harap angkatan kerja miliki etos kerja

222 Perusahaan di Surabaya Akan Buka Lowongan di Situs DisnakerWakil Wali Kota Surabaya, Armuji. IDN Times/Fitria Madia

Cak Ji juga menuturkan, agar warga Surabaya yang memasuki usia angkatan kerja bisa menunjukkan etos kerja yang baik dengan tidak pilih - pilih jenis pekerjaan serta besaran gaji. Hal ini mengingat di era industri 4.0 dinamika dan iklim kompetisi juga sangat tinggi.

"Pemkot Surabaya bersama pak Walikota Eri Cahyadi dan saya menyiapkan mulai dari pelatihan kerja, bursa kerja hingga regulasi yang sebaik mungkin memberikan ruang bagi warga Mota Surabaya seluas-luasnya," imbuhnya

Ia juga menuturkan, Pemerintah Kota Surabaya berkomitmen kewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan menciptakan seluas-luasnya kesempatan berusaha serta program pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: BUMN Ini Buka 14 Lowongan Pekerjaan, Buruan Daftar!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya