Comscore Tracker

Pria Meninggal Usai Digigit Ular, Warga Geruduk Puskesmas Kalitengah

Warga tuding Puskesmas menolak merawat

Lamongan, IDN Times - Puluhan warga Desa Tiwet, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan menggelar aksi protes di depan pintu masuk Puskesmas setempat, Senin (15/3/2021) sore. Warga mengaku kesal karena petugas medis Puskesmas menolak mengobati salah seorang warga Tiwet bernama Ujut Priyanto (30) yang menderita sakit akibat gigitan ular, Senin (15/4/2021).

Baca Juga: Unik, Lamongan Punya Posyandu Khusus Kucing

1. Korban meninggal dunia karena belum sempat mendapatkan perawatan

Pria Meninggal Usai Digigit Ular, Warga Geruduk Puskesmas KalitengahWarga Tiwet saat mendatangi Puskesmas Kalitengah. IDN Times/Istimewa

Korban Ujud kemudian meninggal dunia karena karena belum sempat mendapatkan penanganan dari tim medis. Padahal, kerabat dan sejumlah warga sudah berusaha membawa korban ke Puskesmas.

"Alasannya puskesmas tidak mau mengobati karena tidak punya obat penawar bisa racun ular mas," kata Zainal salah satu pemuda Desa Tiwet.

2. Pihak Puskesmas juga tidak meminjamkan mobil ambulan

Pria Meninggal Usai Digigit Ular, Warga Geruduk Puskesmas KalitengahWarga Tiwet saat mendatangi Puskesmas Kalitengah. IDN Times/Istimewa

Petugas medis, lanjut Zainal, kemudian menyarankan agar korban secepatnya dirujuk ke rumah sakit di Kota Lamongan. Namun, lagi-lagi pihak puskesmas tidak mau mengantar korban ke rumah sakit mengunakan mobil ambulan milik Puskesmas dengan alasan tidak sesuai SOP.

"Kata Puskesmas korban ini tidak bisa dibawa ke rumah sakit mengunakan mobil ambulans, katanya yang boleh dibawa ke rumah sakit adalah pasien yang sudah di berikan infus. Sedangkan korban ini saja belum mendapatkan penanganan," ungkapnya.

3. Puluhan warga kemudian mendatangi puskesmas karena kesal

Pria Meninggal Usai Digigit Ular, Warga Geruduk Puskesmas KalitengahKorban akhirnya meninggal dunia usai digigit ular. IDN Times/Istimewa

Akibat lambatnya penanganan pengobatan. Korban akhirnya meninggal dunia. Warga kemudian menggelar protes dan unjuk rasa sebagai bentuk kekesalan warga kepada pihak Puskesmas.

"Harusnya tidak seperti itu, petugas medis kalau melihat kondisi korban yang sudah sangat parah ini harus segera ditangani karena ini menyangkut nyawa manusia," imbuhnya.

4. Pemkab akan panggil kepala Puskesmas Kalitengah

Pria Meninggal Usai Digigit Ular, Warga Geruduk Puskesmas KalitengahWarga Tiwet saat mendatangi Puskesmas Kalitengah. IDN Times/Istimewa

Sementara itu dihubungi terpisah, Asisten Tata Praja Pemkab Lamongan Lamongan Moh Nalikan mengaku akan memanggil pihak-pihak terkait. Pihaknya sendiri malah belum tahu jika ada warga Kalitengah yang melakukan unjuk rasa. 

"Pastinya kita akan tindaklanjuti, dan kami juga belum bisa memberikan sanksi karena ini perlu dirundingkan terlebih dahulu dan kami juga belum tahu persoalannya seperti apa. Tapi yang jelas informasi ini akan kita tindak lanjuti," pungkasnya. IDN Times sendiri sudah mencoba mengonfirmasi ke pihak Puskesmas. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada respons. 

Baca Juga: Kejar Hewan Buruan, Dua Pria di Lamongan Tewas Tenggelam

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya