Comscore Tracker

Video Ospek Bentak-bentak Maba Jadi Viral, Unesa Panggil Para Komdis

Buntut kejadian ini, Unesa segera lakukan evaluasi internal

Surabaya, IDN Times - Pihak Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menindaklanjuti adanya dugaan kekerasan verbal pada orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) atau Perkenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB) yang viral sejak Senin (14/9/2020). Pihak kampus pun telah memanggil panitia, utamanya komisi disiplin (komdis) yang terlihat membentak pada kegiatan yang berlangsung daring tersebut.

1. Petinggi kampus sudah merapatkan video ospek yang viral

Video Ospek Bentak-bentak Maba Jadi Viral, Unesa Panggil Para KomdisVinda Maya Setianingrum, Humas Unesa dalam acaraSosialisasi Penerimaan Mahasiswa Unesa dari Wuhan Rabu (12/2). IDN Times/Tarida Alif

Ketua Satuan Kehumasan (Unesa), Vinda Maya Setianingrum mengatakan, setelah video ospek tersebut menjadi viral di Twitter dan mendapatkan hujatan dari warganet, pihaknya langsung menggelar rapat secara virtual dengan para pimpinan kampus utamanya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Malam itu juga para komdis yang menjadi viral dimintai keterangan melalui sambungan telepon.

"Kami berkoordinasi dengan mahasiswa melalui BEM, Komdis terkait. Kami evaluasi bersama-sama," ujar Vinda, Selasa (15/9/2020).

2. Komdis diminta hadir ke kampus

Video Ospek Bentak-bentak Maba Jadi Viral, Unesa Panggil Para KomdisOspek FIP Unesa yang viral di Twitter. Screenshoot Twitter/com/rafirizqu19

Pada pagi harinya, Vinda pun terkejut lantaran video tersebut menjadi begitu viral bahkan menduduki beberapa trending topic di Twitter dalam waktu yang lama. Akhirnya, pihak kampus memanggil para komdis agar datang ke rektorat, meski saat ini mereka sedang pulang kampung masing-masing.

"Di luar dugaan kami ini sangat viral. Kami sudah coba memanggil panitia, utamanya komdis. Kami ingin tahu kronologinya seperti apa," tuturnya.

Baca Juga: Curhat Mahasiswi Unesa, Rela Tahan Rindu Asal Keluarga Aman

3. Komdis tidak akan disanksi

Video Ospek Bentak-bentak Maba Jadi Viral, Unesa Panggil Para KomdisOspek FIP Unesa yang viral di Twitter. Screenshoot Twitter/com/rafirizqu19

Meski banyak warganet yang menghakimi para panitia tersebut lantaran diduga melakukan kekerasan verbal atau perpeloncoan terhadap mahasiswa baru, Vinda tidak ingin skeptis terhadap para mahasiswa itu. Ia memilih untuk mendengarkan alasan mereka dan memikirkan jalan keluar bersama-sama, bukan memberikan sanksi.

"Ini kan permasalahan internal. Semua anak kami. Panitia, mahasiswa, maba. ini semua mahasiswa kami. Kami berusaha menyelesaikannya secara internal," tegasnya.

4. Tidak ingin kejadian serupa terulangi lagi

Video Ospek Bentak-bentak Maba Jadi Viral, Unesa Panggil Para KomdisUniversitas Negeri Surabaya (Unesa). Instagram/official_unesa

Namun, Vinda tetap menjamin bahwa kekerasan verbal tidak boleh lagi digunakan apalagi pada masa PKKMB. Saat ini pihaknya melakukan evaluasi internal untuk merumuskan pengawasan selama ospek agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Kami coba evaluasi detail. Kami cari solusinya dulu, bagaimana kronologinya. Ke depan kami ingin  kejadian ini tidak terulang. Pasti kami akan mencari solusi yang terbaik," pungkasnya.

Baca Juga: Ospek Unesa Viral, Senior Bentak-bentak Maba karena Tak Pakai Sabuk

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya