Comscore Tracker

Gajah Sumatera Lahir di KBS, Risma Beri Nama Dumbo

Gajah Sumatera termasuk hewan langka

Surabaya, IDN Times - Kebun Binatang Surabaya (KBS) berhasil melakukan breeding atau pembiakan terhadap salah satu binatang langka dilindungi, Gajah Sumatera. Gajah ini telah dilahirkan dan diberi nama secara khusus oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

1. Gajah langka diberi nama Dumbo

Gajah Sumatera Lahir di KBS, Risma Beri Nama DumboGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Bayi gajah yang baru berusia 7 hari itu terlihat masih berlindung di balik induknya, Lembang. Risma menghampiri Lembang dan sang anak sembari membawa sayur mayur. Terlihat pula cucu Risma, Gwen Syareefa Benardi yang digendong oleh Kabag Umum Pemkot Surabaya Wiwiek Widiyanti.

 

"Ini tadi Gwen yang kasih nama. Namanya Dumbo," tutur Risma dengan riang, Selasa (30/7). Setelah puas memberi makan Dumbo dengan sayur mayur seperti wortel, timun, dan buncis, Risma menuliskan nama Dumbo pada sebuah papan sebagai bentuk peresmian nama.

Baca Juga: Kagum Pengelolaan Sampah, DPRD Jakarta Minta Risma Pindah ke Ibu Kota

2. Dumbo nama pemberian cucu Risma

Gajah Sumatera Lahir di KBS, Risma Beri Nama DumboGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Risma memang sengaja membawa cucunya ke KBS untuk melihat gajah langka yang baru lahir sebagai edukasi. Selain itu, Risma menuturkan Gwen memang senang dengan binatang. Terlihat gadis cilik itu berusaha memberi makan gajah meski masih takut-takut.

 

"Dia senang waktu aku ceritakan ada gajah kecil lahir di KBS. Idenya Dumbo dari Gwen. Tapi aku pernah baca legendanya," ujar Risma.

3. Terinspirasi dari kisah klasik

Gajah Sumatera Lahir di KBS, Risma Beri Nama DumboGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia IDN Times/Fitria Madia

Selain karena usulan dari Gwen, nama Dumbo juga akhirnya disetujui Risma lantaran cerita dibaliknya yang dianggap spesial. Risma mengaku pernah membaca cerita lama tentang seorang gajah bernama Dumbo.

 

"Gajah kecil yang ditinggal mati bapak ibunya. Tapi karena dia pintar beradaptasi dia akhornya disukai oleh orang sekelilingnya. Terus dia menjadi semacam tokoh, atau raja di lingkungannya. Kalau tidak salah ya," jelasnya.

 

Dumbo memang merupakan nama seorang anak gajah dari kisah klasik Helen Aberson dan Harold Pearl di tahun 1939. Baru-baru ini, film berjudul sama juga diangkat ke layar lebar yang menayangkan gajah Dumbo sebagai penampil sirkus yang bisa terbang. Dalam film besutan Tim Burton, Dumbo digambarkan sebagai simbol keistimewaan dalam kekurangan.

4. Kelahiran Dumbo di tengah kota merupakan hal istimewa

Gajah Sumatera Lahir di KBS, Risma Beri Nama DumboGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Risma bersyukur lantaran Dumbo dapat lahir dengan selamat dari hasil perkawinan Lembang dan Doa. Menurutnya, ini merupakan bentuk keberhasilan PTDS KBS menghasilkan lingkungan yang baik untuk proses perkawinan hingga kelahiran hewan langka.

 

"Warga Surabaya bisa lihat gajah yang dilahirkan di tengah kota yang kitanya cukup padat penduduknya. Seekor gajah lahir di kota," pungkas Risma.

Baca Juga: Kehabisan Uang untuk Beli Tanaman, Risma Panen di Kebun Bibit

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya