Polda Jatim Kirim 100 Pasukan Korps Baret Biru ke PON XX Papua

Bertugas mengawal atlet di penginapan hingga amankan venue  

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur (Jatim) turut andil melancarkan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Sebanyak 100 personel pun dikirim ke Bumi Cendrawasih. Personel-personel yang diterjunkan untuk ikut pengamanan dan pengawalan ini dipastikan yang telah terlatih.

Baca Juga: PON Papua Bikin UMKM di Mimika Menggeliat

1. Sebanyak 50 personel berangkat dulu, kemudian disusul 50 personel lagi

Polda Jatim Kirim 100 Pasukan Korps Baret Biru ke PON XX PapuaPengguna jasa bandara melintas di dekat media promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, pemberangkatan personel Korps Bhayangkara dari Jatim sendiri dilakukan secara bertahap. Mulanya, hanya 50 personel yang diterbangkan. Namun ditambah lagi 50 personel.

"Kami berangkatkan 50 pasukan, lalu kami kirim lagi 50. Total 100 personel," ujarnya, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga: Menkes: Vaksinasi Pertama di 5 Kota Lokasi PON Papua Capai 62,7 Persen

2. Sebanyak 100 personel yang dikirim dari Satbrimob

Polda Jatim Kirim 100 Pasukan Korps Baret Biru ke PON XX PapuaPekerja bersiap memasang fasilitas penerangan di kawasan Venue PON XX Papua, Kampung Harapan, Jayapura, Papua, Selasa (22/6/2021). (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Lebih lanjut, 100 personel Polda Jatim yang berangkat ke Papua berasal dari Korps Baret Biru atau Satuan Brigadie Mobil (Brimob) Polda Jatim. Mereka juga dikomandoi langsung oleh Dansatbrimob Polda Jatim.

"Mereka pasukan terlatih dari Satuan Brimob. Dikomando langsung sama Dansatbrimob Polda Jatim Kombes Pol Amostian," katanya.

3. Bertugas mengawal atlet di penginapan hingga venue pertandingan

Polda Jatim Kirim 100 Pasukan Korps Baret Biru ke PON XX PapuaSejumlah orang berpakaian adat nusantara menari di halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu (19/6/2021). Jelang 105 hari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 edisi Kota Jayapura di tandai pemukulan tifa, pelepasan balon lampion ke udara, tarian nusantara. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Perwira dengan tiga melati emas itu menyampaikan, nantinya para personel Polda Jatim ini akan mengawal pergerakan para atlet selama di Papua. Mulai dari di penginapan, venue pertandingan, hingga kemana pun atlet pergi.

"Kemanapun para atlet akan bergerak, kami berikan keamanan ketat," tegas Gatot.

Baca Juga: Atlet Jatim Dilarang Keluyuran Selama PON Papua, Ini Alasannya

Baca Juga: Atlet Jatim Dilarang Keluyuran Selama PON Papua, Ini Alasannya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya