Pemprov Pastikan Underpass Karanglo Beroperasi Saat Mudik Lebaran

Yang mau mudik ke Malang, nih

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) melalui Dinas PU Bina Marga memastikan underpass Karanglo, Malang bisa beroperasi saat musim mudik lebaran. Haraapannya, underpass ini bisa mengurai kemacetan dari arah Surabaya-Malang atau sebaliknya.

1. Pengerjaannya selesai 26 Mei dan sudah dilakukan uji coba

Pemprov Pastikan Underpass Karanglo Beroperasi Saat Mudik LebaranIDN Times/Bela Ikhsan

Kepala Dinas PU Bina Marga, Gatot S. Hadi mengatakan, underpass Karangli sudah selesai pengerjaannya sejak 26 Mei, kemarin. Bahkan, underpass ini sudah dilakukan ujicoba.

"Kemarin saya telepon, dan sudah selesai sejak 26 Mei. Hanya saja mereka minta waktu tiga hari untuk membersihkan bekas material yang ada, bukan untuk pengerjaan jalan," ujar Gatot, Rabu (29/5).

2. Dioperasikan secara resmi 31 Mei

Pemprov Pastikan Underpass Karanglo Beroperasi Saat Mudik LebaranIDN Times/ Alfi Ramadana

Gatot juga memastikan underpass Karanglo bisa dioperasikan pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Sehingga diharapkan mampu mengurai kepadatan di simpang empat Karanglo.

"Saya yakin tanggal 31 Mei itu sudah selesai semua. Artinya, akhir Mei ini semua lajur sudah buka semua. Saya pastikan akhir Mei ini sudah berfungsi semuanya," kata Gatot.

Baca Juga: Proyek Underpass Karanglo Malang Mulai Dikerjakan 

3. Underpass Karanglo panjangnya 450 meter

Pemprov Pastikan Underpass Karanglo Beroperasi Saat Mudik LebaranIDN Times/Bela Ikhsan

Untuk diketahui, underpass Karanglo dibangun sepanjang sekitar 450 meter. Terdiri dari bentang sisi utara sepanjang 152 meter, bentangan tengah sepanjang 38 meter, dan bentang sisi selatan sepanjang 153 meter.

4. Bisa jadi penyambung tol Pandaan-Malang

Pemprov Pastikan Underpass Karanglo Beroperasi Saat Mudik LebaranIDN Times/Bela Ikhsan

 

Beroperasinya underpass Karanglo diharapkan bisa memperlancar kendaraan yang keluar masuk tol Pandaan-Malang, serta kendaraan yang melintas di jalur arteri menuju Malang, Kota Batu hingga Kota Surabaya.

Baca Juga: Underpass Karanglo Siap Diuji Coba, Jasa Marga Tunggu Instruksi Pusat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya