Comscore Tracker

Hore! 1,05 Juta Siswa di Jatim Telah Menerima Kuota Internet Gratis

Mulai siswa SMA, SMK, hingga SLB

Surabaya, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur (Jatim) Wahid Wahyudi memastikan, penyaluran kuota internet gratis tahap pertama untuk siswa SMA, SMK dan SLB, baik negeri maupun swasta telah tuntas. Dari data Dindik Jatim, ada 1,05 juta siswa yang sudah menerima jatah kuota internet gratis. Selanjutnya akan ada tahap kedua pendistribusian pada pekan ketiga September 2020.

1. Kartu berisi kuota internet 10 GB telah disalurkan untuk siswa SMA, SMK, dan SLB

Hore! 1,05 Juta Siswa di Jatim Telah Menerima Kuota Internet GratisDok.IDN Times/Istimewa

Wahid mengatakan, pada tahap pertama Dindik Jatim bersama Telkomsel telah membagikan 1.096.838 kartu berisi kuota internet 10 gigabyte (GB) dengan masa aktif selama satu bulan. Kartu tersebut sudah tersalurkan ke 3.700 SMA, SMK dan SLB se-Jatim. Pembagian ini akan terus berjalan, karena ketersediaan kartu masih banyak.

"Telkomsel membagi dua tahap. Minggu pertama September ini dibagikan 1,3 juta kartu untuk siswa SMA, SMK dan SLB negeri dan swasta. Dengan total siswa update per September 2020 di Dapodik sebanyak 1.298.085 siswa," katanya, Senin (8/9/2020).

2. Tahap kedua salurkan kuota internet untuk guru

Hore! 1,05 Juta Siswa di Jatim Telah Menerima Kuota Internet GratisIlustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada tahap kedua nanti, Telkomsel akan membagikan 100 ribu kartu. Kali ini akan disalurkan untuk guru dan tenaga kependidikan. Mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Guru Tidak Tetap (GTT) hingga Pegawai Tidak Tetap (PTT) tingkat SMA, SMK, dan SLB se-Jatim.

"Sementara update data GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) yang masuk sudah 96.122 orang," imbuh Wahid.

Baca Juga: 1,3 Juta Siswa Jenjang SMA di Jatim Dapat Jatah Kuota Internet Gratis

3. Kemendikbud juga akan menggelontorkan jatah kuota internet gratis

Hore! 1,05 Juta Siswa di Jatim Telah Menerima Kuota Internet GratisIlustrasi siswa sekolah dasar belajar online (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Apabila besaran kuota 10 GB yang digunakan untuk pembelajaran daring tidak cukup, Wahid menyarankan siswa atau guru bisa menambah Rp5 ribu. Mereka secara otomatis akan mendapat tambahan kuota 11 GB. Tak hanya itu, September ini bantuan kuota internet gratis juga akan diberikan oleh Kemdikbud.

"Nanti akan diberi kuota internet oleh Kemdikbud mulai September sampai Desember yang secara nasional telah dianggarkan Rp7,2 triliun," terang Wahid.

"Siswa akan mendapatkan 35 GB per bulan sedang guru akan mendapatkan 42 GB per bulan. Jadi untuk kebutuhan kuota internet tidak ada masalah. Sebab, cukup untuk melakukan pembelajaran baik video conference maupun learning management system atau YouTube," dia menambahkan.

4. Masih ada kendala jaringan internet di 62 SMA/SMK Jatim

Hore! 1,05 Juta Siswa di Jatim Telah Menerima Kuota Internet GratisIlustrasi siswa memanfaatkan internet gratis untuk belajar secara online di RW 09 Kelurahan Lingkar Selatan, Kota Bandung, Senin (10/8/2020). IDN Times/Debbie Sutrisno

Namun, pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih menemui kendala di 62 SMA/SMK di Jatim yang berada di daerah kepulauan dan pegunungan. Rerata kawasan tersebut belum terjangkau jaringan internet. Sehingga, Dindik Jatim meminta bantuan ke Telkomsel untuk membangun Base Transceiver Station (BTS) mini

"Untuk daerah yang jaringannya kurang bagus, yang memanfaatkan pohon-pohon tinggi agar pembelajaran jarak jauh bisa terjangkau. Dan ini sudah dibicarakan oleh pihak telkom dengan manajemen," kata Wahid.

Baca Juga: Senin Depan, Semua SMA/SMK di Jatim Dapat Kuota Internet Gratis

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya