TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kebakaran TP 5 Diduga dari Restoran Merambat Lewat Exhaust

Polisi segera melakukan olah TKP

Suasana proses pemadama kebakaran di TP 5 Surabaya, Rabu (13/4/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Surabaya, IDN Times - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan, Kebakaran yang terjadi di Tunjungan Plaza 5 Surabaya, Rabu (13/4/2022) dipicu dari titik api di restoran lantai 5. Kemudian api merambat lewat Exhaust atau penyerap asap naik hingga ke lantai 12.  

Baca Juga: Kebakaran di TP 5 Sempat Menjalar hingga Lantai 12

1. Api merambat lewat penyerap asap

Kobaran api muncul dari Tunjungan Plaza 5 yang terbakar di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/4/2022). Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan termasuk tiga Bronto Skylift untuk memadamkan api yang membakar lantai 5 Tunjungan Plaza 5 itu. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.

Dedik menjelaskan, dugaan sementara penyebab api datang dari restauran lantai 5 lalu merambat lewat penyerap asap. Api kemudian naik hingga lantai 12.

"Api berawal dari penyerap asap. langsung naik ke lantai 12. Dan kebakaran terjadi," ujar Dedik. 

Kebakaran pun terdampak di lantai 8 hingga lantai 12. Dipastikan, kebakaran tidak berdampak pada apartemen maupun tempat parkir. "Kebakaran hanya berdampak pada mall. Tidak sampai parkir, apartemen," kata dia.

2. Olah TKP akan dilakukan besok

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya memadamkan kebakaran yang melanda Tunjungan Plaza 5 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/4/2022). Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan termasuk tiga Bronto Skylift untuk memadamkan api yang membakar lantai 5 Tunjungan Plaza 5 itu. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol A Yusep Gunawan mengatakan, akan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengetahui penyebab pasti dari kebakaran yang terjadi di TP 5 hari ini. Rencananya, olah TKP bakal dilakukan besok.

"Kami menyampaikan nantinya akan dilakukan penelitian dislabfor besok pagi pukul 08.00 WIB," ujar Yusep. Ia mematikan, proses olah TKP tidak akan mengganggu jalannya kegiatan di mal.

Baca Juga: [BREAKING] Tunjungan Plaza 5 Surabaya Terbakar, Pengunjung Berhamburan

Berita Terkini Lainnya