Elektabilitas Prabowo Masih Ungguli Ganjar dan Anies, Ini Faktornya!

Berdasarkan survei ARCI sih!

Surabaya, IDN Times - Elektabilitas Bakal Calon Presiden, Prabowo Subianto masih jadi yang teratas di Jawa Timur (Jatim). Prabowo mengungguli Bacapres lain, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Tingginya elektabilitas Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra ini berdasarkan hasil survei terbaru yang dirilis Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI). "Tren Prabowo terus meningkat di Jatim," ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt, Selasa (18/7/2023).

Berdasarkan data ARCI, elektabilitas Prabowo sebesar 33,7 persen. Disusul Ganjar Pranowo di angka 30,5 persen, dan Anies Baswedan di angka 23,3 persen. Data menunjukkan tren elektabilitas tiga Bacapres mengalami peningkatan.

Akhir tahun 2022 lalu, elektabilitas Prabowo Subianto masih di angka 21,9 persen, kini sudah di angka 33,7 persen Sedangkan Ganjar dan Anies juga mengalami kenaikan tapi tidak signifikan. Ganjar pada akhir 2022 lalu di angka 20,1 persen kini menjadi 30,5 persen.

"Pak Anies Baswedan akhir 2022 lalu di angka 16,7 persen sekarang menjadi 23,3 persen," kata Baihaki.

Menurut Baihaki kenaikan Prabowo salah satunya terkait isu-isu endorse dari Presiden Joko 'Jokowi' Widodo yang mempengaruhi publik. "Ada faktor itu (endorse Jokowi). Faktor besar lain dari temuan kami adalah pemilih Nahdliyin yang sangat besar di Jatim cenderung memilih Prabowo dibanding dua nama lain," beber dia.

"Selain itu responden menilai Prabowo pemimpin yang tegas, dan meyakini Prabowo orang yang komitmen menjadi penerus program Jokowi," tambahnya.

Responden yang mengaku merupakan warga NU, Baihaki membeberkan sebanyak 32,06 persen memilih Prabowo. Kemudian 30,01 persen memilih Ganjar dan Anies sebesar 17,4 persen. Masih ada 20,53 persen responden belum menentukan pilihan.

"Responden juga memilih Prabowo karena dianggap sebagai tokoh alternatif," pungkas Baihaki.

Survei ARCI dilakukan 4 Juli-15 Juli 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.250 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Baca Juga: SSC: Elektabilitas Khofifah di Pilgub Bisa Disusul Eri Bahkan Fauzi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya