TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BOR di Trenggalek Tinggi, Pasien Sempat Dirawat di Luar Ruangan

Video beredar di dunia maya

Screenshot video IGD Dr Soedomo Trenggalek penuh. IDN Times/istimewa

Trenggalek, IDN Times - Sebuah video memperlihatkan pasien COVID-19 mendapatkan perawatan di luar ruangan RSUD Dr Soedomo Trenggalek beredar di dunia maya. Video pendek ini merekam pasien dirawat di ruang tunggu dan drop zone IGD rumah sakit tersebut. Mereka terpaksa dirawat sementara di luar ruangan karena kapasitas rumah sakit ini sudah penuh. Angka Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit tersebut bahkan sempat mencapai 91 persen.

Baca Juga: Dipaksa Membayar Tes Antigen, Pemkab Trenggalek Kembalikan Uang Warga 

1. Pasien sudah menjalani perawatan di ruang khusus

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak meninjau kondisi IGD di Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Direktur RSUD Dr Soedomo Trenggalek, dr Sunarto membenarkan adanya kejadian ini. Kondisi tersebut terjadi pada Kamis (12/8/2021) kemarin. Saat itu mayoritas ruang yang disiapkan untuk merawat pasien COVID-19 penuh. Namun kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Pasien berangsur mendapatkan ruangan. "Memang kemarin sempat penuh namun saat ini kondisinya sudah terkontrol," ujarnya, Jumat (13/8/2021).

2. Tambah ruang bagi pasien COVID 19

IGD RSUD Dr Soedomo yang sempat penuh.IDN Times / istimewa

Angka BOR di rumah sakit ini sempat mencapai 91 persen. Namun kondisi saat ini sudah mulai berkurang. Meskipun begitu angka BOR masih diatas 80 persen. Untuk mengatasi membeludaknya jumlah pasien tersebut mereka melakukan upaya menambah ruang perawatan bagi pasien COVID-19. Dari seluruh kapasitas ruang perawatan di rumah sakit, lebih dari 60 persen telah dialihkan untuk ruang penanganan pasien COVID-19. "Pada prinsipnya kami tidak boleh menolak pasien, untuk itu kita tambah lagi ruang perawatan khusus bagi pasien corona," ungkapnya.

Baca Juga: Buntut Singgung Seniman, Kades di Trenggalek Dipolisikan

Berita Terkini Lainnya