TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Vaksin INAVAC Karya Unair Dapat Izin BPOM

Vaksin INAVAC untuk usia 18 tahun ke atas

Vaksin INAVAC karya Unair. Dok. Humas Unair.

Surabaya, IDN Times - Vaksin COVID-19 bernama INAVAC yang merupakan hasil karya peneliti Universitas Airlangga (Unair) mendapatkan izin penggunaan darurat oleh BPOM. Vaksin yang menggunakan metode virus yang dinonaktifkan sehingga virus tidak dapat memperbanyak diri dan menyebabkan penyakit ini sebelumnya sempat dinamai Vaksin Merah Putih.

Baca Juga: Sah! BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin Inavac atau Vaksin Merah Putih

1. Proses pembuatan selalu didampingi BPOM

Vaksin INAVAC karya Unair. Dok. Humas Unair.

Rektor Unair, Prof Mohammad Nasih mengatakan, dalam proses pembuatan vaksin ini BPOM turut melakukan pendampingan mulai dari tahap uji praklinis, tahap uji klinis ke-1 sampai ke-3. Setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya INAVAC mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) oleh BPOM.

EUA dikeluarkan oleh lembaga terkait di suatu negara dalam kondisi gawat darurat yang mengancam kesehatan masyarakat. “INAVAC telah mendapatkan izin emergency use authorization oleh BPOM dan akan diproduksi secara masal,” ujarnya, Rabu (9/11/2022).

2. Vaksin INAVAC untuk usia 18 tahun ke atas

ilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Vaksin ini digunakan sebagai pencegahan COVID-19 yang dapat diberikan pada individu usia 18 tahun ke atas. Nasih--sapaan karib Rektor Unair turut menyampaikan terima kasih kepada berbagai elemen yang telah mendukung pengembangan vaksin ini. 

"Terima kasih kepada kementerian kesehatan karena telah memberikan support berupa pendanaan yang tidak sedikit, pemerintah provinsi juga memberikan dukungan yang luar biasa,” kata dia.

"Rumah Sakit dr. Soetomo juga luar biasa support-nya. Yang tak kalah pentingnya adalah peran peneliti UNAIR yang bekerja keras untuk hal ini,” imbuhnya.

Baca Juga: IDI: Vaksin Indovac dan Inavac untuk Booster Tunggu ITAGI dan BPOM

Berita Terkini Lainnya