TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Musala Berbentuk Mobil, Penenang Jiwa di Tengah Duka

Langsung dipakai salat jemaah dong!

Warga Malang saat Salat Tarawih di Mobil Musholla. Dok. NU Care-Lazisnu.

Surabaya, IDN Times - Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur (Jatim) melalui NU Care Lazisnu terus mencari solusi untuk bisa membantu korban gempa di Kabupaten Malang. Salah satu kebutuhan yang masih belum terpenuhi ialah tempat ibadah.

NU Care Lazisnu pun menggandeng Bank Syariah Indonesia (BSI) Region IX/Surabaya dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Jatim untuk meluncurkan musala portable. Tempat ibadah ini berbentuk mobil sehingga dinamai 'Mobil Musholla'.

Baca Juga: Musala di Tangerang Dicorat-coret, Rumah Pelaku Tenyata Dekat Lokasi 

1. Mobil dikirim ke Malang kemarin

Mobil Musholla saat sampai di lokasi tujuan. Dok. NU Care-Lazisnu

Mobil Musholla sendiri dikirimkan dari Sidoarjo ke Dusun Krajan, Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang pada Selasa (20/4/2021) siang. Karena memang di kawasan itu masjid dan musala mengalami rusak. Sehingga tak layak digunakan ibadah berjemaah.

"Alhamdulillah kami bisa bekerjasama dengan BSI untuk menghadirkan mobil musala yang memang sangat dibutuhkan oleh para korban untuk beribadah karena banyak masjid dan mushala yang rusak,” ujar Manajer Program NU Care-Lazisnu Jatim Taufikur Rozikin, Rabu (21/4/2021).

2. Mobil diletakkan dekat musala yang rusak untuk memudahkan warga

Mobil Musholla diletakkan dekat musala terdampak gempa. Dok. NU Care-Lazisnu

Mobil Musholla, kata Taufik, diletakkan tepat berdampingan dengan musala warga RT 08 RW 01 yang rusak akibat gempa. Selain karena memudahkan warga, instalasi listrik dan air dari musala sangat dibutuhkan untuk operasionalisasi mobil mushala.

“Rencananya mobil ini akan beroperasi di lokasi selama dua pekan ke depan. Semoga bisa membantu kegiatan ibadah para korban selama bulan suci Ramadan, sehingga bisa lebih tenang dan sedikit meringankan duka,” katanya.

Baca Juga: Hadirkan Musala Impianmu dengan 10 Ide Musala di Ruang Sempit Ini

Berita Terkini Lainnya