Tinjau Renovasi Jembatan Muharto, Sutiaji: Insya Allah Sesuai Jadwal

Pemasangan penyangga mulai dilakukan

Malang, IDN Times - Sejak sepekan terakhir, proses rekonstruksi pemasangan penahan pada sisi bawah jembatan Muharto sudah mulai dikerjakan. Hal itu dilakukan untuk menahan agar jembatan Muharto bisa tetap digunakan hingga nantinya proses pembangunan ulang dimulai. 

1. Langsung dipantau wali kota

Tinjau Renovasi Jembatan Muharto, Sutiaji: Insya Allah Sesuai JadwalWalikota Malang, Sutiaji saat meninjau proses pemasangan penyangga di jembatan Muharto, Senin (25/11/2019). Dok Humas Pemkot

Proyek pemasangan penyangga jembatan Muharto itu memang cukup krusial. Pasalnya, hal itu berhubungan langsung dengan kebutuhan orang banyak.

Sebagai informasi, Jembatan Muharto merupakan salah satu akses utama bagi masyarakat Kedungkandang jika hendak ke pusat kota dan sebaliknya. Untuk itu, agar bisa berjalan lancar, Wali Kota Malang Sutiaji langsung turun memantau proyek tersebut. 

"Ini tadi saya cek langsung ke lokasi sekaligus mendengarkan penjelasan dari kepala Dinas PUPR mengenai detail teknisnya," papar Sutiaji, Senin (25/11).

2. Sebagian pekerjaan tidak dilakukan di lokasi

Tinjau Renovasi Jembatan Muharto, Sutiaji: Insya Allah Sesuai JadwalWalikota Malang, Sutiaji memantau langsung proyek pemasangan penyangga jembatan Muharto. Dok Humas Pemkot

Sejauh ini memang belum banyak hal yang dilakukan oleh pekerja. Pasalnya, beberapa detail dari penyangga tersebut tidak dikerjakan di sekitar jembatan Muharto. Melainkan dilakukan di lokasi lain. Setelah selesai dirakit baru nantinya material penyangga tersebut dibawa ke lokasi untuk dipasang. 

"Dari penjelasan yang saya dapat tidak semua pengerjaan di lokasi. Tetapi perakitan dilakukan secara fabrik-an dan jika selesai akan dibawa untuk dipasang," tambahnya. 

Baca Juga: Terkendala Anggaran, Pemkot Malang Belum Bisa Bongkar Jembatan Muharto

3. Pemasangan penyangga selesai sesuai jadwal

Tinjau Renovasi Jembatan Muharto, Sutiaji: Insya Allah Sesuai JadwalAnggota DPRD Kota Malang saat melakukan sidak di Jembatan Muharto. IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, Sutiaji menyebut bahwa rekonstruksi jembatan Muharto sudah sesuai jadwal. Ia juga menyebut bahwa pemasangan penyangga bakal sesuai dan tepat waktu. Sehingga setelah itu, pihaknya bisa memikirkan opsi untuk membangun ulang jembatan tersebut. 

"Tentunya ada perhitungan-perhitungan teknis yang dilakukan. Tetapi dapat saya sampaikan bahwa pemasangan penyangga ini dikerjakan dengan baik dan Insya Allah bisa selesai sesuai jadwal," sambungnya. 

4. Minta DPUPR cermati jembatan lain

Tinjau Renovasi Jembatan Muharto, Sutiaji: Insya Allah Sesuai JadwalIDN Times/ Alfi Ramadana

Terlepas dari proses perbaikan jembatan Muharto, Sutiaji juga meminta kepada Dinas PUPR untuk melihat jembatan lain. Hal itu sebagai antisipasi agar kejadian seperti jembatan Muharto yang nyaris roboh tak terjadi di jembatan lain. Maka dari itu, deteksi sejak dini menjadi sangat penting untuk menghindari hal-hal tersebut. 

"Saya juga minta kepada kepala dinas terkait untuk terus melakukan monitor terhadap jembatan yang ada. Agar bisa diketahui seperti apa kondisi jembatan lain," tutupnya. 

Baca Juga: DPRD Minta Pemasangan Penyangga Jembatan Muharto Maksimal Desember

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya