Tiga Mahasiswa di Kota Malang Ditangkap karena Nyambi Jual Ganja

Aduh, masih kuliah tapi tingkahnya bikin ortu kecewa

Malang, IDN Times - Tiga mahasiswa salah satu universitas di Kota Malang ditangkap polisi karena terlibat jual beli ganja. Mereka berinisial FIP (23), AKW (20), dan MFB (23). Polresta Malang Kota juga menangkap satu tersangka lain berinisial ASY (24).

1. Berawal dari penangkapan FIP di kantin kampus

Tiga Mahasiswa di Kota Malang Ditangkap karena Nyambi Jual GanjaPolisi tangkap empat orang tersangka dalam kasus narkoba. IDN Times/ Alfi Ramadana

Kasus tersebut mencuat saat kepolisian menangkap FIP di kantin salah satu kampus Kota Malang. Sesudah menangkap FIP, kepolisian kemudian melakukan pengembangan. Dari hasil pengembangan kemudian ditangkap tersangka lain yang terlibat dalam kasus tersebut. 

"Tiga orang ini masih mahasiswa. Sementara satu lainya (ASY) swasta," beber Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Jumat (21/2).

2. Pesan barang dari Medan

Tiga Mahasiswa di Kota Malang Ditangkap karena Nyambi Jual GanjaKapolresta Malang Kota menjelaskan bahwa FIP memesan ganja dari Medan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Dari hasil penyidikan, FIP memesan ganja dari Medan seberat satu kilogram. Ganja tersebut kemudian dikirim melalui jasa ekspedisi. Setelah sampai di Malang, FIP meminta AKW alias Frank untuk mengambil barang tersebut. Kemudian FIP membagi menjadi empat. Sebanyak 750 gram ganja yang sudah dibagi dibeli oleh AKW alias Frank. 

"Oleh AKW barang tersebut dijual lagi kepada ASY alias Aco. Tersangka ini memang berusaha mengambil keuntungan dengan menjual lagi," tambah Leo. 

Baca Juga: Soal Ekspor Ganja, PBNU: Sama Saja Jual Barang Haram

3. Sisa barang kembali dijual FIP

Tiga Mahasiswa di Kota Malang Ditangkap karena Nyambi Jual GanjaKapolresta Malang Kota saat press rilis kasus narkoba. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, sisa ganja seberat 250 gram yang dimiliki FIP kemudian dijual kepada MFB alias Agam. Dari keempat tersangka, polisi berhasil menyita barang bukti sebanyak 0,5 kilogram ganja. Barang bukti tersebut dikumpulkan dari masing-masing tersangka. 

"Dari tersangka FIP sebanyak 131,28 gram, lalu ASY alias Aco sebanyak 210,79 gram. Sementara dari MFB alias Agam sekitar 9,16 gram," sambungnya. 

4. Kenakan dua pasal berbeda

Tiga Mahasiswa di Kota Malang Ditangkap karena Nyambi Jual GanjaPolisi kenakan dua pasal berbeda kepada tersangka. IDN Times/ Alfi Ramadana

Dalam kasus ini polisi menggunakan dua pasal berbeda untuk menjerat tersangka. Sebab, dalam pengembanganya AKW dan FIP dikategorikan sebagai perantara atau pengedar. Sementara MFB dan ASY sebagai pemakai dan menyimpan ganja. AKW dan FIP dikenakan pasal 111 ayat 1. Sementara ASY dan MFB dikenakan pasal 114 ayat 1 dan pasal 111 ayat 1. Ancaman hukumanya untuk AKW dan FIP adalah pidana mati, pidana seumur hidup atau penjara minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun. Lalu untuk ASY dan MFB terancam pidana minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun. 

Baca Juga: Pabrik Ganja Sintetis di Apartemen Surabaya Digerebek Polisi

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya