Pemkot Malang Luncurkan SiCo, Bilik Sterilisasi Virus Corona

Mereka juga menciptakan aplikasi Corona Detector

Malang, IDN Times - Pencegahan penyebaran virus corona terus diupayakan oleh Pemkot Malang. Kali ini Pemkot Malang menyiapkan sebuah alat yang diberi nama SiCo (Sikat Corona). Alat ini didesain berfungsi untuk mensteril orang mensterilkan dari virus dan bakteri. Cara kerjanya adalah seperti desinfektan yang disemprotkan ke tubuh.

Baca Juga: Dinkes Kota Malang Tunggu Hasil Tracing Dua Pasien yang Positif Corona

1. Alat berbentuk seperti bilik screening

Pemkot Malang Luncurkan SiCo, Bilik Sterilisasi Virus CoronaWalikota Malang saat melihat langsung pemasangan bilik screening. Dok/ Humas Pemkot Malang

Benda tersebut adalah bilik screening yang dilengkapi dengan alat penyemprot disinfektan. Secara otomatis, penyemprot akan mengeluarkan uap disinfektan ke seluruh tubuh.  "Alat ini bisa dimanfaatkan untuk mematikan bakteri di perkantoran perkantoran maupun ruang publik," beber Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto, Kamis (19/3).

2. Dipasang d ibeberapa titik strategis

Pemkot Malang Luncurkan SiCo, Bilik Sterilisasi Virus CoronaBilik screening bakal terpasang dibeberapa titik strategis di Kota Malang. Dok/ Humas Pemkot Malang

Alat tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemkot Malang dengan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Untuk tahap awal, pihak Pemkot Malang bakal memproduksi 50 alat. Namun untuk sementara baru 20 alat yang akan dipasang dibeberapa titik strategis di Kota Malang seperti 2 di balaikota, 2 di block office, 2 alat di perkantoran Jalan Bingkil, lalu dua alat dipasang di RSUD Kota Malang. Kemudian juga 2 di Puskesmas layanan rawat inap dan 10 di pasar tradisional.

"Beberapa pasar tradisional yang dipasangi alat adalah Pasar Oro-Oro Dowo, Pasar Klojen, Bunul, Pasar Besar dan Pasar Gadang," tambahnya. 

3. Ditempatkan di pintu masuk dan keluar

Pemkot Malang Luncurkan SiCo, Bilik Sterilisasi Virus CoronaBilik screening berfungsi mensterilisasi orang yang akan masuk ke area penting. Dok/ Humas Pemkot Malang

Sejauh instalasi alat tersebut bakal dipasang secara bertahap pada lokasi yang sudah ditetapkan. Nantinya alat tersebut diletakkan di pintu masuk dan keluar. Setiap orang yang masuk harus melewati bilik screening untuk bisa memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik. 

"Ini merupakan upaya yg dilakukan untuk meminimalisir perkembangan virus dan bakteri yang ada," sambungnya. 

4. Luncurkan juga aplikasi Malang Corona Detector

Pemkot Malang Luncurkan SiCo, Bilik Sterilisasi Virus CoronaBilik Screening merupakan alat untuk antisipasi penyebaran Virua Covid-19. Dok/ Humas Pemkot

Selain menyiapkan bilik screening, Pemkot Malang juga me-launching aplikasi Malang Corona Detector. Aplikasi ini didesain untuk dua hal yakni untuk mengumpulkan database warga Malang yang berisiko terhadap Covid-19. Selain memudahkan melakukan penulusuran atau tracing,  alat ini juga sebagai pendeteksi dini.

Baca Juga: Viral Bilik Sterilisasi Corona, Ini Penjelasan Pengunggah Cuitan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya