Comscore Tracker

Tak Juga Dipindahkan, Ahmad Dhani Terancam Lebaran Sendiri di Surabaya

Harapan lebaran bareng keluarga di Jakarta bisa kandas

Surabaya, IDN Times - Permintaan terdakwa kasus pencemaran nama baik, Ahmad Dhani Prasetyo untuk dikembalikan dari Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya (Rutan Medaeng) ke Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Cipinang tak kunjung dikabulkan. Padahal ia ingin merayakan Hari Raya Idulfitri bersama keluarganya di Jakarta.

1. Kejaksaan tak kunjung berikan jawaban atas permohonan pemindahan penahanan

Tak Juga Dipindahkan, Ahmad Dhani Terancam Lebaran Sendiri di SurabayaIDN Times/Fitria Madia

 

Kuasa hukum Dhani, Sahid menuturkan bahwa berkas pengajuan pemindahan tahanan Dhani telah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Kota Surabaya sejak Jumat (17/5). Namun hingga saat ini pihaknya masih belum menerima kelanjutan atas pengajuan tersebut.

"Ya kemarin sudah mengajukan hari Jumat kemarin. Cuma untuk sementara ini masih menunggu permohonan itu turun. Kita berharap mudah-mudahan permohonan itu dikabulkan. Sehingga dengan alasan kemanusian, biar Mas Dhani juga berkumpul dengan keluarga," ujar Sahid di Rutan Medaeng, Sabtu (25/5).

2. Majelis hakim sudah mengizinkan Dhani dipindahkan

Tak Juga Dipindahkan, Ahmad Dhani Terancam Lebaran Sendiri di SurabayaIDN Times/Vanny El Rahman

 

Sahid mengatakan bahwa pihak Kejari belum memberikan kelanjutan atas proses administrasi pengajuan pemindahan tahanan tersebut. Padahal, Majelis Hakim yang menangani perkara Dhani memperbolehkan pemindahan itu asalkan ia telah kembali ke Rutan Medaeng sebelum persidangan berikutnya pada Selasa (11/6).

"Sidah diizinkan, pada dasarnya tidak keberatan tidak keberatan untuk dikembalikan tinggal teknis karena yang ngebon (meminjam) itu Kejari untuk dibawa ke Surabaya. Sekarang kita mohonkan untuk dikembalikan ke Jakarta," lanjutnya.

Baca Juga: Ahmad Dhani Ultah Besok, Istri dan Anak-anaknya Geruduk Rutan Medaeng

3. Jika tak dikabulkan maka Dhani berlebaran tanpa keluarga di Surabaya

Tak Juga Dipindahkan, Ahmad Dhani Terancam Lebaran Sendiri di SurabayaIDN Times/Fitria Madia

 

Apabila tak kunjung dipindahkan, Sahid menuturkan bahwa Dhani terpaksa berlebaran dalam penjara di Surabaya. Sedangkan istri dan anak-anaknya berada di Jakarta.

"Alternatifnya ya saya sudah bilang ke anak-anaknya Mas Dhani ya lebarannya di sini. Tapi mungkin nanti Al, El, Dul habis lebaran ke sini," tutup Sahid.

4. Kejaksaan merasa tidak berwenang atas penahanan Dhani

Tak Juga Dipindahkan, Ahmad Dhani Terancam Lebaran Sendiri di SurabayaIDN Times/Fitria Madia

 

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Richard Marpaung menuturkan bahwa pihaknya belum menerima surat permohonan pemindahan tersebut. Lagi pula, menurut Richard kewenangan penahanan Dhani bukan lagi di kejaksaan.

"Kewenangan penahanan Ahmad Dhani ada di hakim, bukan jaksa. Kalau terakhir kemarin di PT (pengadilan tinggi) ya hakim PT berarti. Tapi kalau dia mengajukan kasasi berarti di MA. Intinya kewenangan penahanan Ahmad Dhani ada di hakim, bukan jaksa," jelas Richard singkat melalui sambungan telepon.

Baca Juga: Ahmad Dhani Ulang Tahun, Anak-anaknya Berharap Bisa Lebaran Bersama

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You