Di Depan Pemda se-Asia Pasifik, Risma Pamer Pengelolaan Lingkungan

Pemda dan Pemkot se Asia-Pasifik berkumpul di Surabaya

Surabaya, IDN Times - Ratusan Pemda dan Pemkot se Asia-Pasifik berkumpul di Dyandra Convention Centre Surabaya untuk mengikuti kongres ke-7 United Cities and Local Governments Asia-Pacific (UCLG ASPAC). Kongres ini dibuka dengan presentasi salah satu topik yang menjadi fokus yaitu perubahan iklim. Presentasi pertama disampaikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bertajuk "Opening Remarks: Training Event Perubahan Iklim".

1. Penduduk naik tapi sampah turun

Di Depan Pemda se-Asia Pasifik, Risma Pamer Pengelolaan LingkunganIDN Times/Fitria Madia

Salah satu materi yang dipaparkan oleh Risma adalah komitmen Surabaya dalam mencegah perubahan iklim dengan cara menekan jumlah sampah. Ia juga menyampaikan berbagai macam bentuk pengolahan sampah yang dilakukan oleh Surabaya seperti larva pemakan kompos, penggunaan botol untuk bus Suroboyo, dan lainnya. "Saya mencoba by data tentang penurunan penyakit supaya orang yakin. Terkadang orang itu bilang loh apa hubungannya kesehatan dengan lingkungan? Kadang gak bisa ngaca even orang itu ngerti," ujarnya.

2. Akan terapkan inovasi di Surabaya

Di Depan Pemda se-Asia Pasifik, Risma Pamer Pengelolaan LingkunganIDN Times/Fitria Madia

Tema besar dalam kongres ini adalah inovasi. Risma mengaku dirinya juga akan menerapkan inovasi dalam hal lingkungan. Salah satunya yaitu penggunaan pohon cemara udang yang ia adaptasi dari Thailand. "Jadi cemara udang di Thailand itu selamat dari tsunami daerah yang selamat yang ada cemara udang. Mangrove bisa juga tapi di (Surabaya bagian) utara gak bisa makanya pakai cemara udang. Daerah Kalianak sana," terangnya.

Baca Juga: Beri Motivasi Siswa SMP, Risma: Kurangi Gawai dan Jangan Galau

3. Saling berbagi informasi

Di Depan Pemda se-Asia Pasifik, Risma Pamer Pengelolaan LingkunganIDN Times/Fitria Madia

Risma pun menyambut hangat setiap tamu yang datang. Ia berkomunikasi dengan setiap tamu menggunakan Bahasa Inggris. Terlihat ia mengobrol panjang dengan tamu dari Sri Lanka yang menemuinya usai presentasi. "Nice too meet you. Thank you for coming to Surabaya. (Senang melihatmu. Terima kasih sudah datang ke Surabaya)," ujarnya.

Risma juga melihat beberapa stan pameran dari masing-masing negara. Salah satunya yang menarik perhatian Risma yaitu stan sanitasi urban dari negara Bangladesh.

Baca Juga: Tak Hanya Jalanan, Risma Juga "Semprot" Stafnya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya