Comscore Tracker

5 Batik Khas Gresik, Ada Motif Mahkota hingga Rusa Bawean

Dijamin keren sekali penampilan mu

Kain batik kini sudah menjadi busana trend bagi kalangan milenial. Dulu kain batik ini identik dipakai oleh wanita paruh baya. Tapi sekarang kain batik mulai dikembangkan sesuai kebutuhan zaman.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam motif batik yang menonjolkan keragaman budayanya masyarakat masing-masing. Salah satunya adalah Kabupaten Gresik. Kabupaten yang berbatasan dengan Kota Surabaya ini memiliki beragam jenis motif batik. Nah, bagi kamu pencinta batik. Kabupaten Gresik mungkin bisa menjadi tujuan utama yang kamu dikunjungi.

1. Ada motif batik bandeng Gresik yang gau dan keren

5 Batik Khas Gresik, Ada Motif Mahkota hingga Rusa BaweanBatik motif bandeng Foto Instagram Gresik tourism

Gresik tak hanya dikenal sebagai kota santri. Kabupaten ini juga dikenal sebagai penghasil ikan bandeng terbaik. Sebutan bandeng sendiri karena masyarakat setempat mayoritas sebagai petani tambak bandeng Gresik. Maka tak heran jika bandeng masuk salah satu ikon yang dijadikan motif batik di daerah tersebut. 

Untuk memperoleh kain batik kamu bisa langsung datang ke butik batik yang tersebar di wilayah Gresik. Batik khas Gresik ini dijual mulai harga Rp175 ribuan hingga jutaan rupiah. Harga tersebut tergantung jenis kainnya ya gaes.

Baca Juga: Kopiah Hingga Tenun, 5 Kerajinan Khas Gresik yang Pas untuk Oleh-oleh

2. Motif batik rusa Bawean juga tak kalah kerennya lho

5 Batik Khas Gresik, Ada Motif Mahkota hingga Rusa BaweanBatik rusa Bawean Gresik. Foto Instagram lovinaarts

Kabupaten yang terletak di pesisir utara laut Jawa ini. Gresik juga mempunyai wilayah kepulauan lho, yakni Pulau Bawean. Pulau yang terletak di utara Kabupaten Gresik ini juga dikenal memiliki beragam jenis motif batik salah satunya adalah batik rusa Bawean. 

Kain motif batik rusa Bawean ini bisa ditemukan di beberapa butik batik di Gresik. Atau kalau mau lihat secara langsung proses pembuatannya kamu bisa juga datang langsung ke Bawean dengan menaikkan kapal feri.

3. Batik Sunan Giri Gresik, batik dengan nuansa keislaman

5 Batik Khas Gresik, Ada Motif Mahkota hingga Rusa BaweanBatik Gresik. Foto Instagram Gresik tourism

Sebagai kabupaten yang menjadi tempat syi'ar agama Islam oleh para Walisongo. Kabupaten Gresik juga memiliki motif batik Mahkota Sunan Giri. Sunan Giri sendiri dahulunya merupakan seorang pemimpin Kedaton Giri.

Batik ini menggambarkan nuansa keislaman karena di dalam batik itu sendiri terdapat trap limo atau undak-undakan yang berjumlah 5 tingkat yang mengartikan rukun Islam. 

4. Batik ndulit yang menampilkan kearifan lokal

5 Batik Khas Gresik, Ada Motif Mahkota hingga Rusa BaweanBatik Gresik. Foto Instagram Gresik tourism

Ada lagi motif batik khas Gresik yakni Batik ndulit. Dinamakan batik ndulit karena proses pengerjaan dengan cara di oleskan mengunakan batang rotan. Batik ini menggambarkan aktifitas masyarakat sekitar, baik saat berada di pasar, sawah maupun lainnya.

Untuk bisa mendapatkan kain batik khas Gresik ini, kamu bisa langsung datang ke rumah batik yang ada di pusat kota Gresik untuk harga mulai ratusan hingga jutaan rupiah tergantung dari jenis kain.

5. Batik motif sekar pudak yang keren habis

5 Batik Khas Gresik, Ada Motif Mahkota hingga Rusa BaweanBatik Gresik. Foto Instagram Gresik tourism

Yang terakhir ada batik motif sekar pudak. Batik ini sendiri melambangkan simbol rukun Iman dan 9 serbuk sari melambangkan wali songo. Wali yang menyebarkan Islam di tanah Jawa. Bunga pudak sendiri adalah bunga pandan yang biasanya dijadikan masyarakat sebagai bahan tikar. 

Batik Sekar pudak ini sudah bisa ditemukan dibeberapa butik di seluruh wilayah Gresik. Untuk harga berkisar antara 100 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari jenis kain yang digunakan dan proses pengerjaan.

Baca Juga: 5 Pantai di Gresik dengan Pesona yang Paling Menawan, Yuk Berlibur!

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya