Comscore Tracker

5 Ide Sarapan Enak di Surabaya, dari Bubur hingga Pecel 

Perut kenyang, suasana hati pun senang

Sarapan jadi salah satu kebutuhan penting yang wajib dilakukan pada pagi hari. Dengan begitu, kamu bakal punya energi lebih untuk beraktivitas seharian. Gak selalu harus memasak di rumah, kamu bisa beli di luar agar lebih menghemat waktu.

Kalau lagi wisata kuliner di Surabaya, kamu bisa menemukan beragam menu sarapan lezat. Mulai dari bubur ayam sampai pecel, semuanya ada. Nah, biar kamu gak kebingungan, berikut ide sarapan enak di Surabaya yang wajib kamu cicipi.

1. Bubur Ayam Spensix

5 Ide Sarapan Enak di Surabaya, dari Bubur hingga Pecel Bubur Ayam Spensix (instagram.com/buburayamspensix)

Warga Surabaya sudah pasti tahu bubur ayam legendaris satu ini. Terletak di dekat SMPN 6 Surabaya, bubur ayam ini gak pernah sepi pelanggan. Meski sudah dibuka sejak pukul 6 pagi, sering kali banyak orang yang kehabisan, lho.

Bubur ayam ini punya komponen seperti kebanyakan bubur lainnya. Terdiri dari suwiran daging ayam, cakwe, seledri, bawang goreng, dan kacang kedelai. Namun, kamu juga bisa mendapatkan potongan ati ampela, lho. Bikin perutmu langsung hangat dan rileks, deh.

Lokasi: Jalan Raya Gubeng Nomor 66, Kecamatan Gubeng, Surabaya.

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00—09.30.

Harga: Rp13 ribu—Rp20 ribu.

2. Soto Ayam Lamongan Cak Har

5 Ide Sarapan Enak di Surabaya, dari Bubur hingga Pecel Soto Ayam Lamongan Cak Har (instagram.com/kulinersuraboyo)

Buat kamu yang melewati jalanan Merr saat pagi, gak ada salahnya buat mampir makan soto ini. Kelezatan soto ayam ini sudah populer banget, apalagi di kalangan wisatawan. Rasanya gak lengkap kalau ke Surabaya tanpa mencicipi soto di sini.

Dalam seporsi, kamu bakal menemukan potongan ayam yang cukup banyak dan tebal. Selain itu, terdapat pula kuah kuning soto hangat yang dijamin bikin perutmu nyaman. Tambahkan koya agar rasanya lebih mantap, ya!

Lokasi: Jalan Arief Rahman Hakim Nomor 136, Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00—22.00.

Harga: Rp20 ribu—Rp50 ribu.

Baca Juga: Ketagihan! 10 Reaksi Artis Korea Santap Kuliner Indonesia

3. Lontong Balap Pak Gendut

5 Ide Sarapan Enak di Surabaya, dari Bubur hingga Pecel Lontong Balap Pak Gendut (instagram.com/faizal_jordan)

Lontong balap bisa jadi menu pilihanmu kalau tak ingin makan nasi. Usaha lontong balap satu ini gak pernah sepi pengunjung lantaran rasanya yang tak pernah berubah semenjak dibuka pada 1960-an. Sarapan lontong balap bikin semangatmu makin bertambah, deh.

Dijamin kenyang, dalam seporsi lontong balap di sini ada irisan lontong, tahu, lentho, kecambah, kaldu sapi, dan taburan bawang goreng. Kalau suka pedas, tambahkan sambal biar rasanya makin sedap.

Lokasi: Jalan Kranggan Nomor 60, Kecamatan Bubutan, Surabaya.

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-21.00.

Harga: Rp20 ribu—Rp30 ribu.

4. Nasi Pecel Bambu Runcing

5 Ide Sarapan Enak di Surabaya, dari Bubur hingga Pecel Nasi Pecel Bambu Runcing (instagram.com/kulinersby)

Terletak di pusat kota, pecel ini sangat sederhana, tapi rasanya bikin ketagihan. Dari namanya saja kamu sudah bisa menebak kalau pecel ini berada di dekat Monumen Bambu Runcing. Beragam lauk dengan harga terjangkau bisa kamu pilih, lho.

Nasi disajikan dengan sayuran pecel pada umumnya: kecambah dan bayam. Kemudian, kamu bisa memilih lauk sesuai selera, mulai dari telur mata sapi, telur dadar, tempe, ati ampela, hingga ayam goreng, semua ada. Di mana lagi sarapan sambil menikmati panorama kota kalau gak di sini?

Lokasi: Jalan Embong Ploso Nomor 1, Kecamatan Genteng, Surabaya.

Jam operasional: Senin hingga Sabtu pukul 06.00-10.00.

Harga: Rp10 ribu—Rp20 ribu.

5. Nasi Madura Suramadu

5 Ide Sarapan Enak di Surabaya, dari Bubur hingga Pecel Nasi Madura Suramadu (instagram.com/reinaldolauw)

Kamu sudah pernah coba sarapan dengan nasi madura, belum, nih? Kalau belum, tempat ini bisa jadi referensimu, lho. Nasi madura terkenal dengan berbagai macam lauknya yang menggiurkan: cumi, babat, paru sapi, daging empal, hingga ikan tongkol.

Namun, komponen yang semakin membuat nasi madura terasa gurih adalah taburan serundeng. Kalau dicampur dengan nasi putih hangat, dijamin aromanya makin menggoda. Jangan datang terlalu siang biar lauknya masih lengkap.

Lokasi: Jalan Demak Nomor 304, Kecamatan Bubutan, Surabaya.

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-17.00.

Harga: Rp15 ribu—Rp25 ribu.

Dari ide sarapan enak di Surabaya tadi, mana yang mau kamu datangi? Dijamin sesi sarapan pagimu semakin nikmat dan mengenyangkan deh. Perut kenyang, suasana hati pun jadi senang.

Baca Juga: Keren, 600 Rekomendasi Kuliner Surabaya Bisa Kamu Temukan di Buku Ini!

Opal Opal Photo Community Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Antonius Putu Satria
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya