TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harga Cabai Rawit di Tingkat Petani Jatim Anjlok, Ini Faktornya

Harga di pasaran berada pada kisaran Rp16 ribu per kg

Ilustrasi Cabai Rawit. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Surabaya, IDN Times - Memasuki musim hujan, harga cabai rawit di Jawa Timur (Jatim) mengalami penurunan. Tapi, turunnya harga cabai rawit bukan karena musim hujan, melainkan ketersediaannya alias stoknya yang melimpah. Hal itu diungkap oleh Wakil Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) Jatim, Nanang Triatmoko.

1. Harga cabai rawit di tingkat petani Rp9 ribu per kg karena panen raya

ilustrasi cabe (pexels.com/Artem Beliaikin)

Nanang mengatakan, harga cabai rawit saat ini mencapai Rp9 ribu per kilogram di tingkat petani. Sebab, daerah sentra cabai rawit seperti Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso saat ini sedang panen raya. "Ini artinya saat ini hasil produksi melimpah," ujarnya, Rabu (17/11/2021).

Harga cabai, sambung Nanang, ditentukan oleh pasar. Nah, apabila hasil produksi meningkat namun serapannya kurang, bisa dipastikan harga turun. "Tidak sedikit jika para petani sengaja tidak memanen hasil cabainya atau bahkan ada juga yang membuangnya sebagai bentuk kekecewaan.

"Karena biaya produksi dengan hasil panen yang tidak sesuai. Bahkan untuk biaya petik cabai saja mencapai Rp3 ribu per kilogram," dia menegaskan.

Baca Juga: 5 Masakan dari Cabai Pisang untuk Hasilkan Sensasi Pedas Manis

2. Berharap pemerintah beri jalan agar cabai petani terserap industri

Ilustrasi Cabai Rawit. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Ia bersama para petani cabai pun berharap pemerintah membantu petani untuk serapan cabai ke industri. Menurutnya bantuan pemerintah berupa alat untuk mengolah cabai maupun cold storage belum bisa maksimal. "Turunnya harga cabai rawit ini sebenarnya masalah klasik dari tahun ke tahun," ucap Nanang.

"Bantuan alat pengolah dan cold storage belum mampu mengatasi karena hasil panen yang bisa mencapai 200 ton per hari. Sedangkan cold storage kapasitasnya hanya 5 ton. Jadi solusi yang tepat adalah penyerapan oleh industri. Bisa dikeringkan atau dijadikan pasta," dia menambahkan.

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Cabai Agar Awet, Segar Terus dan Gak Gampang Kering

Berita Terkini Lainnya