TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dua Pekan Jelang Ramadan, Harga Cabai Berangsur Turun 

Stok cabai mulai melimpah

ilustrasi komoditas cabai di pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Malang, IDN Times - Dua pekan jelang ramadan, harga cabai di Kota Malang mulai berangsur menurun. Di Pasar Besar, Kota Malang misalnya, harga cabai turun menjadi Rp70 ribu. Padahal pekan lalu harga cabai sempat menyentuh angka Rp130 ribu per kilogram. 

1. Stok cabai juga meningkat

ANTARA FOTO/Ampelsa

Salah satu pedagang di Pasar Besar Kota Malang, Agus Salam menjelaskan bahwa dalam sepekan terakhir, stok cabai di tengkulak mulai melimpah. Para petani yang sebelumnya banyak gagal panen karena cuaca buruk mulai bisa meraup hasil. Ia menduga, kondisi cuaca yang mulai stabil membuat cabai dari beberapa wilayah seperti Tumpang, Karangploso hingga Pujon sudah mulai masuk ke pasar. 

"Jadi sekarang stok cabai lebih banyak di pasar. Harganya juga berangsur turun dalam sepekan terakhir," ucapnya Jumat (2/4/2021). Selain stok yang lebih banyak, kualitas cabai yang ada di pasaran juga cenderung lebih baik daripada sebelumnya.

Baca Juga: Resep Tumis Cumi Asin Cabai Hijau yang Praktis, Enak buat Lauk!

2. Cabai besar alami kenaikan

Ilustrasi Cabai Rawit. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Jika cabai kecil mengalami penurunan harga, lain halnya dengan cabai besar yang justru mengalami kenaikan. Harga cabai besar di Pasar Besar Malang yang pekan lalu berada di angka Rp30 ribu satu kilogram, empat hari ini naik sampai Rp55 ribu per kilogram. 

"Sekarang untuk cabai besar ini justru stoknya terbatas. Tetapi peminatnya belakangan lebih banyak," sambung Agus. 

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Kian 'Pedas', Inflasi Maret 0,08 Persen 

Berita Terkini Lainnya